SOSIALISASI IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

SOSIALISASI IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT


Pengarang

Feby Syafitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306101010014

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

352.8

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Syafitri, Feby. 2017. Sosialisasi IMB (Izin Mendirikan Bangunan) Pertokoan Pada Masyarakat Di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
(1) Drs. Amirullah, M.Si, (2) Drs. Nasir Basyah, M.Si
Kata Kunci: Sosialisasi, Masyarakat, IMB.
Penelitian ini berjudul “Sosialisasi IMB (Izin Mendirikan Bangunan) Pertokoan Pada Masyarakat Di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat”. Rumusan masalah meliputi (1) Apakah pemerintah di kecamatan Johan Pahlawan sudah mensosialisasikan pentingnya IMB dan bagaimana bentuk sosialisasi IMB yang dilakukan oleh pemerintah di kecamatan Johan Pahlawan. (2) Apakah faktor penyebab masyarakat di kecamatan Johan Pahlawan kurang memiliki kesadaran dalam mengurus IMB. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pemerintah di kecamatan Johan Pahlawan sudah mensosialisasikan pentingnya IMB dan bagaimana bentuk sosialisasi IMB yang dilakukan oleh pemerintah di kecamatan Johan Pahlawan. (2) Untuk mengetahui faktor penyebab masyarakat di kecamatan Johan Pahlawan kurang memiliki kesadaran dalam mengurus IMB.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara. Lokasi penelitian berada di kecamatan Johan Pahlawan desa Gampa, Rundeng, dan Panggong. Total informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang masyarakat di kecamatan Johan Pahlawan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di kecamatan Johan Pahlawan memiliki kesadaran hukum yang tinggi. Bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat dalam mensosialisasikan tentang wajib IMB yaitu berdasarkan cara yang dipakai berupa partisipatif. Pemerintah mensosialisasikannya secara umum serta menggunakan media massa seperti Pamflet atau Baliho. Faktor penyebab masyarakat kurang memiliki kesadaran hukum dalam mengurus IMB yaitu biaya yang relative mahal. Masyarakat merasa terbeban dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan izin tersebut. Dalam proses meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam mengurus IMB di kecamatan Johan Pahlawan harus ditunjang oleh layanan publik dan pemerintah terkait dalam mensosialisasikan tentang syarat dan prosedur pengurusan IMB.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK