//

MOTIVASI MANTAN KOMBATAN GERAKAN ACEH MERDEKA MENCALONKAN DIRI MENJADI ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT KABUPATEN BIREUEN PERIODE 2014 - 2019

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muliawati - Personal Name
SubjectPOLITICAL BAHAVIOR
LEGISLATORS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK MULIAWATI, MOTIVASI MANTAN KOMBATAN GERAKAN ACEH 2014 MERDEKA MENCALONKAN DIRI MENJADI ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT KABUPATEN BIREUEN PERIODE 2014 - 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (vi-64),pp.,bibl.,app Dr. Suhaimi, SH, M.Hum dan Ishak, SH. MH Perubahan komitmen politik antara pemerintah RI dan GAM yang diwujudkan dalam bentuk nota kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) Helsinki. Memotivasi keikutsertaan mantan kombatan GAM melalui partai lokal dalam pemilu legislatif merupakan bentuk tranformasi perjuangan perang senjata menjadi perang kompetisi politik. Pada pemilu legislatif tahun 2014 yang akan datang di kabupaten Bireuen para mantan kombatan GAM kembali berlomba dengan para calon legislatif lainnya dalam mencalonkan diri menjadi anggota DPRK Kabupaten Bireuen. Hal ini di karenakan kemenangan Partai Aceh pada pemilu tahun 2009 menurut data KIP Bireuen, Partai Aceh menang mutlak dengan menguasai 25 kursi. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor motivasi mantan komantan GAM mencalonkan diri menjadi anggota DPRK Bireuen, pemahaman mantan kombatan GAM yang mencalonkan diri menjadi anggota DPRK Bireuen terhadap tugas pokok dan fungsi DPR dan persepsi masyarakat terhadap mantan kombatan GAM yang mencalonkan diri menjadi anggota DPRK Bireuen. Data penelitian dalam skripsi ini diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan yaitu untuk memperoleh data sekunder dengan cara mengkaji buku-buku, peraturan perundang-undangan dan bahan lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangakan, penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer yang dilakukan dengan cara wawancarai informan dan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor motivasi mantan kombatan GAM terbagi atas dua yaitu : pertama faktor internal yang terdiri atas kesejahteraan mantan kombatan GAM, mensejahterakan masyarakat, melakukan perubahan, faktor eksternal terdiri atas perdamaian, elektabilitas, tranformasi perjuangan. Pemahaman mantan kombatan GAM yang mencalonkan diri menjadi anggota DPRK Bireuen kurang memahami terhadap tugas pokok dan fungsi Dewan perwakilan rakyat. Persepsi masyarakat terhadap mantan kombatan GAM yang mencalonkan diri menjadi anggota DPRK Bireuen yaitu : kemenangan legislatif 2009, keterlibatan dalam perpolitikan di Aceh, tingkat kesejahteraan, kapasitas, penunjukan dari komandan, dinamika politik internal. Disarankan kepada calon legislatif yang mencalonkan diri menjadi DPRK Bireuen kedepannya selain mempunyai motivasi mencalonkan diri menjadi DPRK Bireuen juga memahami tugas pokok dan fungsi anggota dewan. Kata kunci : Motivasi, mantan kombatan GAM.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI MANTAN KEUCHIK MENCALONKAN DIRI MENJADI ANGGOTA LEGISLATIF TAHUN 2014 DI KABUPATEN BIREUEN (FAROQ AL ANBARI, 2015)

TRANSFORMASI PERJUANGAN GERAKAN ACEH MERDEKA (GAM) DARI BERSENJATA KE POLITIK ( STUDI PADA MANTAN KOMBATAN GAM DI ACEH BESAR) (RIZA RAHMAMI, 2016)

ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 30P/HUM/2018 TENTANG PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM NOMOR 14 TAHUN 2018 (STUDI KASUS HAK POLITIK MANTAN NARAPIDANA KORUPSI) (ISVANI, 2019)

PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI KERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT ACEH (DPRA) (SAID SAFRIZAL, 2014)

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT KABUPATEN ACEH BARAT (Sri Hartati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy