//

LAYANAN PEMINATAN TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 17 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mariana - Personal Name
SubjectADOLESCENT
ADOLESCENT PSYCHIATRY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDKAN UNIVERITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mariana, layanan peminatan terhadap kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 17 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. M. Husen, M.Pd., (2) Drs. Said Nurdin, M.Si, Kata Kunci: layanan peminatan, Kegiatan Ekstrakurikuler Layanan peminatan siswa direkomendasikan oleh guru bidang studi dan wali kelas sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan peminatan terhadap kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 17 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru BK, kepala sekolah, pembina Osis, guru bidang studi, wakil kesiswaan dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan objek penelitian adalah layanan peminatan terhadap kegiatan ekstrakurikuler. Pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan langkah-langkah layanan peminatan yaitu pengumpulan data siswa dilihat dari data pribadi siswa, prestasi yang pernah diraih siswa, nilai UN yang dilihat dari nilai tertinggi pada setiap mata pelajaran yang tercantum pada raport siswa, cita-cita dan dukungan orang tua. Pada langkah informasi peminatan guru BK menginformasikan tentang kegiatan ekstrakurikuler dan sekolah lanjutan. Langkah identifikasi dan penetapan minat siswa sudah dilakukan oleh guru BK namun belum maksimal, karena tidak adanya alat khusus tes potensi pada siswa, dalam identifikasi dan penetapan minat hanya dilakukan dengan wawancara, jika masih ada siswa yang ragu-ragu pada pilihannya maka guru BK akan memberikan tindak lanjut. Adapun jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler antara lain kegiatan ekstrakurikuler wajib yaitu pramuka, dan kegiatan pilihan yang menjadi minat siswa seperti bola voli, sepak bola, sanggar seni, drum band, olimpiade, dan PMR (Palang merah remaja). kendala yang ditemukan pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu kurangnya sarana dan prasarana, dana sekolah dan kurangnya tenaga pembimbing masing-masing kegiatan ekstrakurikuler.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

LAYANAN PEMINATAN DAN PERENCANAAN INDIVIDUAL OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH (Jumara Weni, 2018)

PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA DALAM KURIKULUM 2013 (Muarrief Rahmat, 2015)

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA MAN MODEL BANDA ACEH TERHADAP INFEKSI MENULAR SEKSUAL TAHUN 2012 (FAUZAN, 2016)

REDUPLIKASI BAHASA JULU (salamah, 2013)

MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN (PENELITIAN PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI DALAM WILAYAH KOTA BANDA ACEH) (Putra Setiawan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy