//

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MEMALUI MODEL PROBLEM BESED LEARNING PADA MATERI TURUNAN DI KELAS XI SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Retna Suci Wulandari - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Wulandari, Retna Suci. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Turunan Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas Xi Sman Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd (2) Dra. Bintang Zaura, M.Pd Kata kunci : pembelajaran problem based learning, berpikir kritis siswa, materi turunan Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling besar dalam kehidupan manusia. Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuhkan potensi sumber daya dari siswa dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar para siswa. Dalam kegiatan pembelajaran matematika, kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk mengoreksi secara kritis suatu informasi baru atau permasalahan. Problem Based Learning (PBL) adalah suatu model pembelajaran yang menyajikan suatu masalah konstekstual kepada siswa sehingga dapat merangsang siswa untuk dapat membangun pengetahuannya sendiri sehingga dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan dari penetian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi turunan melalui model pembelajaran problem based learning di keas XI SMAN Unggul Tunas Bangsa, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah kelas XI-Putih. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memeriksa jawaban siswa dan dibandingkan dengan hasil wawancara, jawaban siswa dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN Unggul Tunas Bangsa berdasarkan kategori tahapan berpikir kritis yaitu: memahami masalah diperoleh 66,,41% terkategori cukup, merencanakan penyelesaian diperoleh 99,84% terkategori baik, melaksanakan penyelesaian diperoleh 92,5% terkategori baik, dan memeriksa kembali diperoleh 36,1% terkategori kurang. Persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI-Putih secara keseluruhan yaitu 70% .Dengan demikian, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN Unggul Tunas Bangsa secara keseluruhan tergolong dalam kategori sedang

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRANSFORMASI PADA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH (Siti Mutiah, 2020)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MINDMAP TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANDA ACEH (KHARINA AREEISTY, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIR MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 10 BANDA ACEH (Suci Putri Meilita, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DI KELAS XI SMAN UNGGUL TUNAS BANGSA ACEH BARAT DAYA (DWI PUSPITA SARI, 2018)

PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI UNGGUL KOTA BANDA ACEH (JULIA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy