//

PENINGKATAN SEMANGAT KEBERAGAMAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 KLUET UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HARTONI - Personal Name
SubjectEDUCATION
SCHOOL MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hartoni, 2017. Peningkatan Semangat Keberagaman Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kluet Utara. Skripsi, Prodi PPKN, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Rusli Yusuf, M.Pd., (2) Dr. Saiful, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Semangat keberagaman, kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini berjudul “Peningkatan Semangat Keberagaman Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kluet Utara”. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk-bentuk peningkatan keberagaman siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peningkatan semangat keberagaman siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Kluet Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk peningkatan keberagaman siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan untuk mengatahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan semangat keberagaman siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Kluet Utara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini diambil diambil sebanyak 20% dari seluruh anggota ekstrakurikuler yaitu sebanyak 25 orang dengan rincian 12 orang dari kegiatan olah raga, 7 orang dari pramuka dan 6 orang dari PMR. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif yang dilakukan bersamaan pengumpulan data dengan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk peningkatan keberagaman siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka, olah raga dan PMR di SMAN 1 Kluet Utara diantaranya dilakukan melalui sarana sikap saling terbuka, rasa kemanusiaan, sikap toleransi, saling tolong menolong, nilai-nilai demokrasi, persamaan/persaudaraan dan berbaik sangka sesama anggota ekstrakurikuler, (2) Faktor yang mendukung peningkatan semangat keberagaman siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka, olah raga atau PMR di SMAN 1 Kluet Utara terdiri dari kesamaan persepsi dan tujuan siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler yang dilandasi dengan semangat toleransi antar sesama anggota, dan tidak ditemukan faktor penghambat yang berarti peningkatan peningkatan semangat keberagaman siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semangat keberagaman siswa SMAN 1 Kluet Utara dapat ditingkatkan melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PELAKSANAAN EKSTRAKULIKULER PADA SMA NEGERI 1 SINGKIL UTARA (Alizar, 2015)

MANAJEMEN GURU PENJAS DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENJAS ORKES PADA SD NEGERI SE KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2013 (MUSDAR, 2015)

PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI TK SE-KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (AFRIDA SAFITRI, 2015)

PELAKSANAAN PROGRAM UKS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KOTA FAJAR KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Zahimuddin, 2015)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy