//

KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Raisahaya - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Raisahaya, Cut. 2017. Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Bintang Zaura, M.Pd, (2) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd Kata Kunci: Kurikulum 2013, Guru Matematika, Kendala Guru. Kurikulum 2013 merupakan pengembangan atas kurikulum sebelumnya. Pada penerapan kurikulum 2013 diharapkan agar peserta didik lebih dapat memaksimalkan kemampuan dan mencoba menekan kelemahan peserta didik, agar dapat meningkatkan kemampuan peserta didik agar dapat terwujudnya pendidikan yang berkualitas dan bermutu. Namun dalam penerapan kurikulum 2013 terdapat fenomena-fenomena, seperti pemahaman, kesiapan, dan kendala yang muncul dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Oleh karena itu penulis melakukan sebuah penelitian mengenai Kendala Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Kota Banda Aceh. Penelitian ini mengangkat masalah (1) bagaimana kemampuan guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah, (2) apakah ada kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika, (3) apa saja kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika. Dan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 (2) untuk mengetahui terdapat kendala guru dalam menerapkan kurikulum 2013, (3) untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan data yang diperoleh dari angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah masing-masing tiga orang guru dari sekolah SMP Negeri 6, 8, dan 15 Kota Banda Aceh. Pengolahan data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kurikulum 2013 oleh guru matematika SMP Kota Banda Aceh dari 9 orang guru, 6 orang guru masuk kategori cukup (60% < persentase < 69%) sedangkan 3 orang guru masuk dalam kategori baik (>70%). Secara keseluruhan, pelaksanaan kurikulum 2013 berada pada kategori cukup dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan kurikulum 2013, adalah (1) peserta didik belum mampu untuk aktif didalam kelas baik dalam bertanya, kreatif dan inofatif, (2) alokasi waktu yang terbatas, (3) guru yang mengikuti pelatihan K13 hanya guru yang sama. Berdasarkan kendala diatas guru berusaha agar peserta didik dapat aktif dikelas dan alokasi waktu diusahakan cukup kemudian guru mengharapkan agar pelatihan K13 bisa dibagi sama rata untuk semua guru. iii

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI MAN I BANDA ACEH (Sri Rizki Fitria, 2016)

KENDALA GURU MATEMATIKA TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (FATMA ELIZA NASUTION, 2015)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS TINGGI SD NEGERI LAMTHEUN ACEH BESAR (FAISAL ALAM, 2020)

KENDALA GURU FISIKA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMAN KOTA BANDA ACEH (Kiki Fajariani, 2015)

KESESUAIAN FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (REVISI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA KABUPATEN BENER MERIAH (Sinta Shapriana Dewi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy