//

KONTRIBUSI MAULANA JAELANI MUSA DALAM MENGEMBANGKAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI KLUET UTARA (1957-1983)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fajar Ilham - Personal Name
SubjectSUFISM
MYSTICISM - ISLAM
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Ilham, Fajar. 2016. Kontribusi Maulana Jaelani Musa dalam Mengembangkan Tarekat Naqsyabandiyah Di Kluet Utara (1957-1983) (1) Dr. Husaini, M.A. (2) Drs. T. Abdullah, SH., MA. Kata Kunci: Kontribusi, Jaelani Musa, Tharikat Naqsyabandiyah, Kluet Sesuai dengan judul yang diangkat yaitu " kontribusi Maulana Jaelani Musa dalam Mengembangkan Tarekat Naqsyabandiyah Di Kluet Utara, (1957-1983): maka tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana riwayat hidup Jaelani Musa, (2) untuk mengetahui bagaimana upaya Jaelani Musa dalam mengembangkan tharikat Naqsyabandiyah di Kluet Utara antara tahun 1957-983, dan (3) untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan Jaelani Musa dalam mengembangkan tharikat Naqsyabandiyah di Kluet Utara. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah atau disebut metode sejarah, yang terdiri dari lima langkah kerja yaitu pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interprestasi dan historiografi. dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian studi dokumentasi , studi kepustakaan, wawancara. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa:(1) Maulana Jaelani Musa merupakan tokoh ulama dari Kluet utara. Maulana Jaelani Musa dilahirkan pada tahun 1910. kemudian dalam hidupnya dia seorang yang berpendidikan yang pernah belajar di Dayah Darussala Labuhan Haji.(2) Tharikat Naqsyabandiyah yang sekarang tersebar di Kluet Utara adalah thariqat yang dibawa langsung oleh Maulana Jaelani Musa, yang diperoleh dari gurunya Teungku Haji Muhammad Waly al-Khalidy dari Dayah Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan. Dalam rangka mengembangkan thariqat Naqsyabandiyah di Kluet Utara, Maulana Jaelani Musa adalah tokoh ulama pertama yang membawa thariqat Naqsyabandiyah di Kluet Utara setelah belajar di Dayah Darussalam Labuhan haji.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI ABU LUENG-IE DALAM MENGEMBANGKAN THARIQAT NAQSYABANDIYAH DI ACEH BESAR, 1960-1992 (Nufus, 2014)

KELAYAKAN USAHA PERTANIAN KACANG TANAH DI KECAMATAN KLUET UTARA DAN KLUET TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Zulkarnain, 2020)

TOKOH TASAWUF: BIOGRAFI PROF. DR. H. MUHIBUDDIN WALY AL-KHALIDY (1936-2012) (Mahyuddin, 2019)

RITUAL DAN SOLIDARITAS SOSIAL DALAM PERSPEKTIF INTERAKSI RITUAL RANDALL COLLINS (STUDI KASUS TAREKAT SYATTARIYAH ABU HABIB MUDA SEUNAGAN) (RINA WATI, 2019)

PENERAPAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI MENCERITAKAN TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU, BUDHA DAN RNISLAM DI INDONESIA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN RNBELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI I RUAK RNKLUET UTARA, ACEH SELATAN (hasbiani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy