//

IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA III PEKERJAAN ORANG TUAKU DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosmidar - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARING- ACTIVITY
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rosmidar. 2017. Implementasi Model Inkuiri dalam Pembelajaran Tematik Subtema III Pekerjaan Orang Tuaku Di Kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Syarifah Habibah M.Pd. (2) Tursinawati, S.pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Model inkuiri, Subtema III Pekerjaan Orang Tuaku Penelitian ini menggunakan model pembelajaran yang menekankan mengamati proses mengajar guru dengan melihat langkah model pembelajaran inkuiri yaitu merumuskan masalah, merumuskan hipotesis mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Model Inkuiri merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Rumusan masalah adalah bagaimana implementasi model inkuiri dalam pembelajaran tematik subtema III pekerjaan orang tuaku di kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh? Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi. Pengolahan data menggunakan reduksi data, model data (data display), penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil data observasi menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan tahapan model inkuiri dalam pembelajaran tematik subtema III pekerjaan orang tuaku sudah terlaksana namun belum terlaksana dengan efektif. Terlihat ada beberapa tahapan yang belum terlaksana dengan baik, yaitu siswa belum mampu dalam tahapan merumuskan masalah dan merumuskan hipotesis.Namun guru mampu melaksanakan dengan baik tahapan mengumpulkan data, menganalisis data dan juga membuat kesimpulan. Hal ini ditunjukan dari kemampuan siswa dalam mengumpul data, menganalisis data dan juga mampu membuat kesimpulan dengan baik. Hasil wawancara diketahui bahwa hampir seluruh siswa menyukai pembelajaran model inkuiri dengan memberikan jawaban “ya” pada setiap pertanyaan dan beberapa siswa memberikan jawaban “tidak”. Tingginya jawaban “ya” yang diberikan siswa pada data tanggapan siswa menandakan adanya ketertarikan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Inkuiri pada materi sub tema III pekerjaan orang tuaku. Berdasarkan hasil analisis data mengimplementasi model inkuiri dalam pembelajaran tematik subtema III Pekerjaan orang tuaku di kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh telah mencapai kategori baik. Dengan demikian, dapat simpulkan bahwa implementasi model inkuiri dalam pembelajaran tematik subtema III Pekerjaan orang tuaku di kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh telah dilaksanakan oleh guru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMPNEGERI 1 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN (Taufik hidayat, 2013)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SUBTEMARNGERAK DAN GAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWARNKELAS IV SDN 16 BANDA ACEH (Nurhayati, 2015)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TPS PADA SUBTEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN DI KELAS IV SDN 22 BANDA ACEH (Sarlina, 2014)

IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU-GURU SERTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR GUGUS JAMBU KOTA BANDA ACEH IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU-GURU SERTIFIKASI DALAM PEMBALAJARAN TEMATIK RNTERPADU KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR RNGUGUS JAMBU KOTA BANDA ACEH (Siti Hardiyanti, 2015)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWWA PADA SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SD NEGERI 30 BANDA ACEH (siti hafizah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy