CARA PEMILIHAN BAKALAN YANG BAIK UNTUK USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG DI UNIT USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PEMBANGUNAN PERTANIAN (SMK PP) NEGERI SAREE KEBUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

CARA PEMILIHAN BAKALAN YANG BAIK UNTUK USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG DI UNIT USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PEMBANGUNAN PERTANIAN (SMK PP) NEGERI SAREE KEBUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

RAHMAD MUNASYIRULLAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1405002010043

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Manajemen Agribisnis (D3) / PDDIKTI : 54401

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

RINGKASAN
RAHMAD MUNASYIRULLAH “CARA PEMILIHAN BAKALAN YANG BAIK UNTUK USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG DI UNIT USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PEMBANGUNAN PERTANIAN (SMK PP) NEGERI SAREE KEBUPATEN ACEH BESAR” (Dibawah Bimbingan Bapak Dr. Didy Rachmadi, MP).
Sapi potong adalah jenis sapi yang diternakkan untuk di manfaaatkan dagingnya. Bakalan sapi merupakan faktor yang penting karena sangat menentukan hasil akhir usaha penggemukan. Pemilihan bakalan memerlukan ketelitian, kejelian dan pengalaman. Pengadaan bakalan dapat dilakukan dengan mengawinkan indukan sapi sendiri atau dengan membeli anak sapi. Keuntungan pengadaan bakalan sapi dari pembibitan sapi sendiri adalah peternak dapat langsung menentukan jenis sapi yang diinginkan.
Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Negeri Saree Aceh berlokasi di Desa Suka Damai Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Negeri Saree Aceh sampai saat ini memiliki ternak sapi sebanyak 31 ekor untuk digemukkan dan mempunyai luas lahan rumput 42.500 m2 sehingga rumputnya bisa memenuhi kebutuhan untuk penggemukan sapi potong.
Bakalan mempunyai peranan yang sangat menentukan didalam penggemukan sapi potong sehingga diperlukan kecermatan didalam pemilihannya. Apabila bibit sapi yang digunakan tidak memenuhi kriteria atau kualitasnya jelek maka akan dihasilkan sapi potong dengan produksi yang jelek pula walaupun dengan sistem pemeliharaan dan manajemen pakan yang baik.
Jenis-jenis sapi potong yang sering digemukkan oleh peternak antara lain: Sapi Peranakan Ongole (PO), Sapi Limosin, Sapi Brahman Cross, Sapi Bali, Sapi Aceh. Dengan ciri ciri Bakalan yang Baik adalah, Perbandingan tinggi sapi lebih kecil dibandingkan panjangnya. Berperut lurus dan bermata binar. Berbulu pendek, halus, dan tidak kusam dan bebas dari penyakit.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK