//

KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMP MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LISA RISKIANA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDENTS
MOTIVATION - EDUCATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Lisa Riskiana(2017). Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis dan Motivasi Siswa SMP melalui Model Creative Problem Solving (CPS). Kemampuan penalaran adaptif matematis siswa umumnya masih rendah, padahal proses penalaran adaptif menjadi salah satu tujuan yang harus diberikan mulai dari sekolah menengah pertama. Kemampuan penalaran adaptif dan motivasi siswa diharapkan mampu menggali informasi secara mandiri tanpa harus diberikan oleh guru. Rendahnya kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dikarenakan dalam proses pembelajaran, masalah yang disajikan untuk siswa kurang menantang, tidak melatih pemikiran tingkat tinggi hanya memberikan masalah yang memiliki penyelesaian tunggal. Sehingga diperlukan upaya untuk menumbuhkan kemampuan penalaran adaptif dan motivasi dengan memberikan pembelajaran matematika yang melibatkan siswa aktif dan mandiri, yaitu dengan menerapkan model CPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran adaptif matematis dan mengetahui peningkatan motivasi siswa SMP selama pembelajaran melalui model CPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Method (kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif), di mana strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi embedded konkuren. Sampel dipilih secara random sampling yaitu siswa kelas VIII-6 yang berjumlah 30 orang dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh, dan dipilih 6 siswa untuk di observasi dan wawancara lebih lanjut. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa selama proses pembelajaran dengan model CPS, berupa tes awal (pretes), tes akhir (postes), observasi, wawancara dan uji-t berpasangan untuk melihat peningkatan motivasi, serta angket untuk melihat peningkatan motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) untuk subjek yang berkemampuan tinggi, siswa benar dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan sesuai dengan indikator dan rubrik penalaran adaptif. Selanjutnya, dari beberapa indikator pada rubrik penalaran adaptif, hanya indikator memberikan alasan yang didapati kurang sesuai untuk subjek berkemampuan sedang. Selanjutnya, dari beberapa indikator pada rubrik penalaran adaptif, hanya indikator memberikan alasan dan menemukan pola yang didapati tidak sesuai untuk subjek berkemampuan rendah. Secara keseluruhan siswa kelas VIII-6 mampu untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan, sesuai dengan indikator penalaran adaptif. Siswa-siswa tersebut sudah mampu untuk mengunakan penalaran induktif dan deduktif dalam proses berpikir, dan berusaha untuk menghubungkan fakta-fakta, menarik kesimpulan, dan siswa-siswa tersebut sudah mengunakan intuisi dalam menyelesaikan permasalahan. 2) Motivasi siswa SMP meningkat setelah diberikan pembelajaran dengan model CPS. Kata Kunci: Model creative problem solving (CPS), Kemampuan penalaran adaptif, Motivasi belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH (RAUZATUL JANNAH, 2020)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) (HILDA RESTINA, 2018)

PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019)

KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DAN KOMPETENSI STRATEGIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Darwani, 2018)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (LINDA ANDALIA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy