//

PROFIL BERPIKIR METAFORIS (METAPHORICAL THINKING) SISWA MTSN DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTHMAINNAH - Personal Name
SubjectTEACHERS
TEACHING METHODS
ALGEBRA
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Salah satu materi yang diajarkan di sekolah menengah adalah aljabar. Aspek esensial dari pembelajaran, yaitu proses berpikir siswa, seolah-olah diabaikan. Dampak dari kondisi ini mengakibatkan banyak siswa yang tidak dapat memahami konsep-konsep matematika dengan baik sehingga cenderung memperoleh hasil belajar matematika yang kurang memuaskan. Salah satu konsep berpikir yang menghubungkan antara fenomena atau kehidupan nyata dan matematika yaitu Metaphorical Thinking atau berpikir metaforis. Dalam berpikir metaforis konsep-konsep abstrak dimetaforakan menjadi objek-objek nyata dalam kehidupan sehari-hari. Metafora dan model merupakan dua hal yang sangat berkaitan. Disamping itu, setiap orang memiliki gaya kognitif yang berbeda-beda, antara lain gaya kognitif field independent (FI) dan gaya kognitif field dependent (FD), sehingga memungkinkan metaforisnya pun berbeda-beda dalam memecahkan masalah aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk menggali, mendeskripsikan dan menganalisis profil berpikir metaforis (Metaphorical Thinking) siswa dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari gaya kognitif FI dan FD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratif. Subjek pada penelitian ini adalah dua orang siswa kelas satu MTsN Model Banda Aceh yang masing-masing bergaya kognitif FI dan FD. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Profil berpikir metaforis subjek dengan gaya kognitif FI dalam memecahkan masalah aljabar dengan tahapan Polya tercapai untuk setiap kriteria CREATE; 2) Profil berpikir metaforis subjek dengan gaya kognitif FD dalam memecahkan masalah aljabar dengan tahapan Polya tidak dapat mengungkap semua kriteria CREATE, yaitu subjek tidak mengungkap kriteria Connect dan Relate, karena ia tidak menemukan pernyataan metafora yang sesuai dengan pernyataan aljabar, maka ia tidak perlu menjelaskan kesesuaian metafora dengan permasalahan aljabar tersebut. Kata kunci: Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking), Field Independent, Field Dependent

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL BERPIKIR METAFORIS (METAPHORICAL THINKING) SISWA MTSN DALAM MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (MUTHMAINNAH, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (MUSLIM, 2019)

PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF (Fahmi Ramadhan, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MTSN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (MAWADDAH, 2019)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MTSN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (MAWADDAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy