//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENIGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ernawati - Personal Name
SubjectMOTIVATION
TEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Wati, Erna. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Menigkatkan Motiasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Amrusi, M.Si., (2) Nana Suraiya, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write dan Motivasi Belajar Siswa Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Motivasi belajar pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Think Talk Write di SMP Negeri 10 Banda Aceh, (2) motivasi belajar siswa kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah di SMP Negeri 10 Banda Aceh, (3) Perbandingan motivasi belajar siswa dikelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-F dan kelas VIII-D sebanyak 45 orang. Analisi data digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observas, tes dan angket. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus rata-rata dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan materi bentuk-bentuk interaksi manusia tergolong baik dan terdapat perbedaan nyata motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol saat Post-test. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat hubungan metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII-F SMP Negeri 10 Banda Aceh karena hasil uji t dimana thitung = 12,7 sedangkan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK-WRITE(TTW) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIALSISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Nairuz Hanifah, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nori Arjuliadi, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS X SMA N 16 BANDA ACEH (CUT WANTI MEGASARI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI ALJABAR YANG MELIBATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Fadhilah Ladia, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN THINK-TALK-WRITE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMP NEGERI 1 PANTEE BIDARI ACEH TIMUR (Mahyuna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy