ANALISIS HUBUNGAN DAN PERAMALAN PENERIMAAN PAJAK DAN LAJU INFLASI DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN PENDEKATAN VECTOR ERROR CORRECTION MODEL (VECM) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS HUBUNGAN DAN PERAMALAN PENERIMAAN PAJAK DAN LAJU INFLASI DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN PENDEKATAN VECTOR ERROR CORRECTION MODEL (VECM)


Pengarang

EVA MAULIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1308108010038

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Statistika (S1) / PDDIKTI : 49201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Dalam pelaksanaan pembangunan, pemerintah memerlukan perencanaan yang akurat guna mencapai kesejahteraan ekonomi. Salah satu indikator yang digunakan untuk perencanaan pembangunan di suatu daerah adalah penerimaan pajak dan laju inflasi. Salah satu penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terbesar di Indonesia berasal dari sektor pajak. Selain itu, laju inflasi dapat dijadikan indikator untuk melihat stabilitas ekonomi suatu daerah. Mengingat pentingnya penerimaan pajak dan pengendalian laju inflasi dalam pencapaian kesejahteraan ekonomi, maka perlu dilakukan analisa hubungan serta peramalan penerimaan pajak dan laju inflasi. VECM (Vector Error Correction Model) dipilih sebagai metode yang akan digunakan pada penelitian ini, karena data yang digunakan berupa data multivariate time series. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model VECM terbaik dengan lag optimal, mengetahui hubungan antara penerimaan pajak dan laju inflasi, serta melakukan peramalan penerimaan pajak dan laju inflasi dari model VECM tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terbaik untuk data penerimaan pajak dan laju inflasi yaitu VECM dengan lag optimal 3 atau VECM (3). Dari tujuh model VECM (3) yang terbentuk, terdapat satu model yang signifikan yaitu model penerimaan PPh, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan jangka panjang antara penerimaan PPN dan PPnBM, laju inflasi Kota Banda Aceh, laju inflasi bahan makanan, laju inflasi sandang, laju inflasi kesehatan dan laju inflasi pendidikan di Kota Banda Aceh terhadap peneriman PPh. Hasil analisis kausalitas Granger menunjukkan bahwa ada hubungan kausalitas jangka pendek antara penerimaan PPh, penerimaan PPN dan PPnBM serta laju inflasi bahan makanan di Kota Banda Aceh terhadap laju inflasi kesehatan di Kota Banda Aceh. Hasil peramalan penerimaan PPh tahun 2016 yang diperoleh dengan menggunakan VECM (3) dianggap valid, karena memiliki nilai kesalahan minimum dibandingkan dengan hasil peramalan lainnya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK