KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DIDONG DI SMAN 1 PERMATA BENER MERIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DIDONG DI SMAN 1 PERMATA BENER MERIAH


Pengarang

Husna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106102030033

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

616.890

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Kegiatan, Ektrakurikuler, Didong

Penelitian berjudul “kegiatan ekstrakurikuler Didong di SMAN 1 Permata Bener Meriah”. Mengangkat masalah bagaimana pembelajaran Didong pada kegiatan ekstrakurikulerdan kendala-kendala apa saja yang dialami siswa pada pembelajaran Didong di SMAN 1 Permata Bener Meriah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Didong pada kegiatan ektrakurikuler dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran Didong di SMAN 1 Permata, penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Dengan jenis penelitian Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajarkan kegiatan ekstrakurikuler Didong di SMAN 1 Permata Bener Meriah, objek penelitiannya adalah siswa SMAN 1 Permata Bener Meriah yang belajar tentang kegiatan ekstrakurikuler Didong yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakana dalam mengunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data. Penyajian data dan Verifikasi Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat mengetahui makna dan tujuan Didong pada kegiatan ekstrakurikuler. Kendala yang dihadapi oleh guru yatu siswa kurang aktif dalam pembelajaran Didong kurang diminati oleh bebrapa siswa mereka susah unuk menalar, karena di pembelajarann Didong lebih cenderung praktik. sedangkan kendala yang dihadapi oleh siswa adalah siswa kesulitan dalam menyanyikan syair lagu Didong yang menggunakan Bahasa Gayo. Siswa kurang respon dalam pembelajaran Didong pada kegiatan ektrakurikuler di SMAN 1 Permata Bener Meriah. waktu yang terbatas karena jarak rumah kesekolah jauh, tidak mempunyai kendaraan menjadi hambatan siswa untuk datang kesekolah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK