//

PERANAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA DI SD NEGERI 56 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHARISMA RAHAYU - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahayu, Muharisma. 2017. Peranan Guru Dalam Menerapkan Keterampilan Bertanya Di SD Negeri 56 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr.Israwati, M. Si., (2) Drs. Adnan, M.Pd. Kata Kunci: Peranan, Keterampilan, Bertanya Peranan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya dilaksanakan selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya, hambatan dan solusi dalam menerapkan keterampilan bertanya di SD Negeri 56 Banda Aceh. Pelaksanaan, hambatan dan solusi yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah peranan yang guru lakukan dalam menerapkan keterampilan bertanya selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas satu, guru kelas dua, guru kelas tiga, guru kelas empat, guru kelas lima dan guru kelas enam di SD Negeri 56 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data, model data (data display) dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Dari hasil pengamatan peneliti di SD Negeri 56 Banda Aceh, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya guru merupakan aktivitas yang paling sering dan paling penting dilakukan dalam proses pembelajaran. Kemampuan bertanya merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh guru karena bertanya adalah alat untuk mengajar. Karena hampir dalam setiap tahap pembelajaran guru dituntut untuk mengajukan pertanyaan, dan kualitas pertanyaan yang diajukan guru akan menentukan kualitas jawaban siswa. Pemberian pertanyaan akan membantu siswa belajar secara mental dan lebih sempurna dalam menerima informasi sehingga siswa turut aktif selama proses pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN KETERAMPILAN BERTANYA OLEH GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 9 SP. MAMPLAM (SYAUKI RAHMAT ILAHI, 2020)

KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN KETERAMPILAN RNPENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN IPARNPADA SD NEGERI SEGUGUS I SAMPOINIETRNKABUPATEN ACEH JAYA (Yusnidawati, 2014)

KETERAMPILAN BERTANYA GURU SMP DAN KAITANNYA DENGAN PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (nurdiansyah, 2016)

KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN VARIASI STIMULUS DI SD NEGERI 71 BANDA ACEH (Aliffiani. Hs, 2017)

PELAKSANAAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU KELAS DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH (FIRLI IRHAMNI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy