Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Tecnology, Engineering, and Mathematics (STEM) Pada Materi Hidrolisis Garam | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Tecnology, Engineering, and Mathematics (STEM) Pada Materi Hidrolisis Garam


Pengarang

FITRI HANDAYANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103040043

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian yang berjudul “Pengembangan LKS Berbasis STEM Pada Materi Hidrolisis Garam” ini mengangkat masalah bagaimanakah langkah pengembangan LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam dan bagaimana tanggapan mahasiswa kimia FKIP Unsyiah terhadap pengembangan LKS tersebut, serta bagaimana aktivitas mahasiswa kimia FKIP Unsyiah selama proses pembelajaran menggunakan LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah pengembangan LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam, mendeskripsikan tanggapan mahasiswa kimia FKIP Unsyiah terhadap pengembangan LKS berbasis STEM, dan mendeskripsikan aktivitas mahasiswa kimia FKIP Unsyiah selama proses pembelajaran menggunakan LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kimia angkatan 2011 FKIP Unsyiah yang berjumlah 95 orang dan dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel 10 orang karena penelitian ini dilakukan hanya pada kelompok terbatas. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik lisan, tulisan, dan pengamatan berupa wawancara, angket, LKS, dan lembar observasi aktivitas mahasiswa. Data yang diperoleh disajikan secara deskriptif dalam bentuk narasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengembangan LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam sudah efektif, tanggapan responden terhadap LKS berbasis STEM sangat baik, dan aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung juga sangat baik dengan persentase mencapai 100%. Disarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai uji coba pemakaian produk (LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam) pada lingkup pendidikan di sekolah-sekolah dan direvisi kembali sehingga dapat diproduksi secara masal dan diharapkan dapat dilakukan penelitian dan pengembangan LKS berbasis STEM pada materi-materi yang lain.

Kata Kunci : pengembangan, LKS, STEM, hidrolisis garam.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK