//

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Science, Tecnology, Engineering, and Mathematics (STEM) Pada Materi Hidrolisis Garam

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRI HANDAYANI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
CHEMICAL - EDUCATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Pengembangan LKS Berbasis STEM Pada Materi Hidrolisis Garam” ini mengangkat masalah bagaimanakah langkah pengembangan LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam dan bagaimana tanggapan mahasiswa kimia FKIP Unsyiah terhadap pengembangan LKS tersebut, serta bagaimana aktivitas mahasiswa kimia FKIP Unsyiah selama proses pembelajaran menggunakan LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah pengembangan LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam, mendeskripsikan tanggapan mahasiswa kimia FKIP Unsyiah terhadap pengembangan LKS berbasis STEM, dan mendeskripsikan aktivitas mahasiswa kimia FKIP Unsyiah selama proses pembelajaran menggunakan LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kimia angkatan 2011 FKIP Unsyiah yang berjumlah 95 orang dan dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel 10 orang karena penelitian ini dilakukan hanya pada kelompok terbatas. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik lisan, tulisan, dan pengamatan berupa wawancara, angket, LKS, dan lembar observasi aktivitas mahasiswa. Data yang diperoleh disajikan secara deskriptif dalam bentuk narasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengembangan LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam sudah efektif, tanggapan responden terhadap LKS berbasis STEM sangat baik, dan aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung juga sangat baik dengan persentase mencapai 100%. Disarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai uji coba pemakaian produk (LKS berbasis STEM pada materi hidrolisis garam) pada lingkup pendidikan di sekolah-sekolah dan direvisi kembali sehingga dapat diproduksi secara masal dan diharapkan dapat dilakukan penelitian dan pengembangan LKS berbasis STEM pada materi-materi yang lain. Kata Kunci : pengembangan, LKS, STEM, hidrolisis garam.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN SELF TUTORIAL BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI HIDROLISIS GARAM (Chairunnisak, 2016)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI INTEGRAL (Raudhatul Husna, 2021)

PENERAPAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROLISIS GARAM RNKELAS XI SMAN 2 BANDA ACEH (syarifah asyura, 2014)

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Rahmatia Ulfa, 2019)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM MELALUI PJBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL (RIZKI JULINA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy