//

EFEKTIVITAS METODE PEMBERIAN TUGAS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI GAROT GEUCEU ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Inda Devianti - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
METHODE AND STUDY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Devianti, Inda.2017.Efektivitas Metode Pemberian Tugas Pada Pembelajaran IPA di SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Skripsi JurusanPendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Suid AB, S.Pd, M.Pd (2) Dra. Rosma Elly, M.Pd Kata Kunci :Efektivitas, Metode Pemberian Tugas Dalam konteks penggunaan metode mengajar di kelas, salah satu metode yang sering di gunakan oleh guru kepada siswa adalah metode pemberian tugas. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tugas yang diberikan oleh guru pada pembelajaran IPA di SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar dan untuk megetahui efektifitas tugas yang yang diberikan oleh guru pada pembelajaran IPA di SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II,III,V dan VI di SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru kelasdi SD Negeri Garot Guceu Aceh Besar menerapkan metode pemberian tugas pada pembelajaran IPA. Tugas yang diberikan kepada siswa bermacam-macam ada tugas secara berkelompok dan tugas secara mandiri. Tugas tersebut diberikan kepada siswa berupa tugas berbentuk pertanyaan pilihan ganda, essay, uraian, pengamatan/percobaan, dan tabel/grafik. Tugas-tugas tersebut diberikan untuk melatih siswa dalam memahami dan menguasai materi yang berhubungan dengan pelajaran IPA. Simpulan penelitian ini adalah metode pemberian tugas efektif diterapkan dalam pelajaran IPA, karena siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan kepadanya dengan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.Dengandemikian,siswa terlatih untuk berpikir dan mengolah informasi secara mandiri. Sehingga, siswa dapat menyimpulkan sendiri makna yangterdapat dalam pembelajaran khususnya pada materi pelajaran IPA. Tugas yang diberikan juga melibatkan keaktifan, percaya diri, tanggungjawab dan disiplin. Pada akhirnya siswa dapat menguasai materi dengan baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI GAROT GEUCEU ACEH BESAR (Ridha Sabrina, 2017)

TANGGUNG JAWAB GURU DALAM MENERAPKAN TATA TERTIB DI SEKOLAH DASAR NEGERI GAROT GEUCEU ACEH BESAR (WILMA AFRIANI, 2018)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (Yuni Yanti, 2015)

PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (Maulijar, 2015)

KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS V SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (Febri Andira, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy