//

PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 16 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aisyah Fitri - Personal Name
SubjectINTERNET
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fitri, Aisyah. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar di Kelas V SD Negeri 16Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rosma Elly, M.Pd., (2) Dra. .Nurhaidah, M.Pd. Kata kunci: Pemanfaatan Internet, Hasil Belajar Kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pendidikan khususnya internet adalah salah satu penyebab tidak tercapaianya tujuan pembelajaran yang efektif, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh. Hipotesis penelitian yakni terdapat pengaruh antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar di kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh dengan sampel sebanyak 52 siswa yang diambil dari 2 kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol, dan VB sebagai kelas eksperimen . Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gambaran bahwa pemanfaatan internet berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji-t antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh pada taraf signifikansi (α) = 0,05 maka perolehan nilai uji t hitung 0,33 < t 1,68 Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tabel signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH (Evi Yani, 2018)

HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X LAB SCHOOL BANDA ACEH (Miftahul Jannah, 2017)

PEMANFAATAN INTERNET OLEH SISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS-TUGAS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SURYANINGSIH, 2014)

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH DITINJAU DARI MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SMA NEGERI 1 WOYLA KABUPATEN ACEH BARAT (Taufik Hidayat, 2016)

PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VSD NEGERI 69 BANDA ACEH (Elly Armanusah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy