PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 16 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 16 BANDA ACEH


Pengarang

Aisyah Fitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206104040113

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

004.678

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Fitri, Aisyah. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar di Kelas V
SD Negeri 16Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Rosma Elly, M.Pd., (2) Dra. .Nurhaidah, M.Pd.
Kata kunci: Pemanfaatan Internet, Hasil Belajar
Kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pendidikan khususnya internet adalah
salah satu penyebab tidak tercapaianya tujuan pembelajaran yang efektif, hal ini dapat
dilihat dari hasil belajar siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini mengangkat
masalah bagaimanakah pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa
kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet
terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh. Hipotesis penelitian
yakni terdapat pengaruh antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar di kelas V
SD Negeri 16 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif.
Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh dengan sampel
sebanyak 52 siswa yang diambil dari 2 kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol, dan
VB sebagai kelas eksperimen . Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa.
Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh
gambaran bahwa pemanfaatan internet berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V
SD Negeri 16 Banda Aceh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh.
Hal ini terbukti dari hasil analisis uji-t antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar
siswa kelas V SD Negeri 16 Banda Aceh pada taraf signifikansi (?) = 0,05 maka
perolehan nilai uji t
hitung
0,33 < t
1,68
Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
tabel
signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK