//

ANALISIS PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN DANA OTONOMI KHUSUS DI KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MILIA TAURINA - Personal Name
SubjectLOCAL FINANCE
LOCAL GOVERNMENT
GOVERNMENT ACCOUNTING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Akuntansi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan mekanisme pengelolaan dan pemanfaatan dana otonomi khusus di Kabupaten Bener Meriah pasca pemberlakuan Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2013. Penelitian ini juga menggambarkan bagaimana pola dan proporsi pengalokasian dana otonomi khusus pada program/kegiatan prioritas. Selanjutnya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana Pemerintah Kabupaten Bener Meriah mengevaluasi efektifitas program/kegiatan serta mengidentifikasi kendala dan hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan efektifitas program/kegiatan dalam mencapai tujuan otonomi khusus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data interaktif, selanjutnya untuk meyakinkan validitas data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pengelolaan dana Otsus yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bener Meriah telah berjalan dengan baik. Kegiatan perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi dana otonomi khusus secara teknis maupun administrasi sudah dijalankan sesuai dengan ketentuan.Mekanisme transfer menunjukkan perubahan yang signifikan, tingkat penyelesaian kegiatan yang lebih tinggi, memungkinkan program/kegiatan yang lebih beragam sesuai kebutuhan daerah, tetapi juga dapat mengakibatkan terjadinya pemilihan kegiatan yang tidak terkendali/tidak strategis jika tidak direncanakan dengan baik. Pola dan proporsi alokasi program kegiatan telah sesuai dengan tujuan Otsus. Efektivitas pengelolaan dana Otsus yang baik perlu disertai dengan regulasi atau aturan-aturan yang jelas serta mengikat sebagai suatu kebutuhan guna mewujudkan akuntabilitas dalam pengelolaan dana otonomi khusus. Kata kunci: Analisis pengelolaan dan pemanfaatan, dana otonomi khusus, efektifitas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMPETENSI PEJABAT PENGELOLA KEUANGAN, REGULASI DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SKPD DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN KABUPATEN SIMEULUE (Kuasa, 2016)

PENGARUH DANA PERIMBANGAN DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA LANGSUNG (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI SUMATERA) PENGARUH DANA PERIMBANGAN DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH(PAD) TERHADAP BELANJA LANGSUNG (STUDI PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI SUMATERA) (Ikhsan, 2015)

ANALISIS PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN DANA OTONOMI KHUSUS DI KABUPATEN BENER MERIAH (MILIA TAURINA, 2017)

ANALISIS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH (STUDI PADA KABUPATEN/KOTA DI ACEH) (MAGHFIRAH MUKAMMIL, 2021)

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP BELANJA MODAL DENGAN DANA OTONOMI KHUSUS SEBAGAI PEMODERASI PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH (Arga Riandhi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy