//

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN STRATEGI METAKOGNISI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dhelsy Nahraisyah Azma - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan kognitif yang harus dimiliki oleh siswa. Kenyataannya kemampuan koneksi matematis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi metakognisi ditinjau dari keseluruhan dan berdasarkan pengelompokan siswa; (2) mengetahui peningkatan self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi metakognisi ditinjau dari keseluruhan dan berdasarkan pengelompokan siswa; (3) mengetahui interaksi antara pembelajaran strategi metakognisi dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa; (4) mengetahui interaksi antara pembelajaran strategi metakognisi dengan kemampuan awal siswa terhadap self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dan metode ekperimen dengan Pretest-Posttest Control Grup Desain. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan koneksi matematis dan angket self efficacy. Data dianalis dengan menggunakan uji-t dan Anova dua jalur. Hasil penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi metakognisi lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan siswa dan pengelompokan siswa (tinggi, sedang, dan rendah); (2) peningkatan self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi metakognisi lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional ditinjau dari keseluruhan siswa dan pengelompokan siswa (sedang dan rendah), sedangkan siswa kelompok tinggi tidak terdapat perbedaan peningkatan self efficacy yang signifikan; (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran strategi metakognisi dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa; (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran strategi metakognisi dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata kunci: Strategi metakognisi, Kemampuan koneksi matematis, Self efficacy.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATISDAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIOEXCHANGE (RTE) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (Erna Isfayani, 2017)

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PETA KONSEP (Mauliana, 2018)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ (EKA JUNITA, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy