//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elsa Rahmah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembelajaran matematika selalu didominasi dengan kecerdasan verbal-linguistik dan kecerdasan logis matematis. Padahal jenis-jenis kecerdasan yang digagas dan dikembangkan oleh Gardner terdapat delapan jenis kecerdasan majemuk (multiple intelligences) yang dimiliki oleh setiap orang. Oleh sebab itu tentu setiap peserta didik memiliki kecerdasan majemuk (multiple intelligences) yang berbeda-beda dan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi dominan/prioritas. Semua kecerdasan dapat digunakan dalam kurikulum matematika. Kurikulum 2013 menyebutkan bahwa salah satu pengalaman belajar peserta didik harus sesuai dengan karakteristik peserta didik. Karakteristik yang dimaksud ialah kecerdasan yang dapat dikembangkan melalui kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligences) masih kurang tersedia sehingga penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligences) yang valid, praktis dan efektif. Proses pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model dari Plomp (2007) yang terdiri atas tiga tahap yaitu tahap pengkajian awal (preliminary researh), tahap perancangan (prototyping phase) dan tahap penilaian (assessment phase). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Ibnu Khaldun Banda Aceh. Pengumpulan data diperoleh dari angket kecerdasan majemuk, validitas perangkat, observasi terhadap uji kepraktisan perangkat pembelajaran, angket respon peserta didik, lembar pengamatan/observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), dan Tes Hasil Belajar (THB) memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Siska Adilla, 2017)

RELEVANSI PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN TEORI GARDNER (Juari Ardiani Azinar, 2021)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KECERDASAN LINGUISTIK-VERBAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS (SRY RASYIIDU TEBE, 2019)

BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES (IDAWANI, 2020)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SD MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DISERTAI VIDEO PEMBELAJARAN (Novi Yanti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy