//

PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMK SMTI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAUDHATUL HUSNA - Personal Name
SubjectSELF EFFICACY
MOTIVATION - EDUCATIONAL PSHYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: pengaruh, self efficacy, hasil belajar matematika Self efficacy merupakan keyakinan seseorang terhadap kemampuan diri untuk mengatur dan melaksanakan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah self efficacy. Beberapa penelitian menunjukkan pendidik sering kali mengabaikan pentingnya self efficacy yang mengakibatkan aspek afektif ini kurang mendapat perhatian. Untuk itu peneliti tertarik melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk: (1) melihat hubungan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh; (2) mengetahui besar pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK SMTI Banda Aceh tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 7 kelas, sedangkan yang menjadi sampel adalah 2 kelas, yaitu X-D dan X-E yang berjumlah 55 siswa. Penentuan sampel dilakukan secara random. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan nilai hasil belajar matematika siswa materi eksponen dan logaritma yang diperoleh dari guru bidang studi matematika. Pengolahan data menggunakan rumus korelasi product moment dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK SMTI Banda Aceh; (2) kontribusi self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas X SMK SMTI Banda Aceh sebesar 0,53% sedangkan sisanya 99,47% dipengaruhi oleh faktor lain.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATISDAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIOEXCHANGE (RTE) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (Erna Isfayani, 2017)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (ANDRIANI, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN SELF EFFICACY SISWA FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT (FARRAH MAULIDIA, 2019)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA (Fajriati, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy