//

PROSOPOGRAPHY KEHIDUPAN PEREMPUAN PENYORTIR BIJI KOPI DI KOPERASI BAITUL QIRADH (KBQ) BABURRAYYAN KAMPUNG WEH NAREH KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 2002-2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Erida Sapriani - Personal Name
SubjectCOFFEE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sapriani, Erida. 2017. Prosopography Perempuan Penyortir Biji Kopi di Koperasi Baitul Qiradh (KBQ) Baburrayan Kampung Weh Nareh Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2002-2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Husaini, MA (2) Nurasiah, S.Pd, M.Pd Kata kunci: Prosopography Perempuan Penyortir, Kampung Weh Nareh Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana latar belakang kehidupan perempuan penyortir biji kopi yang bekerja di Koperasi Baitul Qiradh dari tahun 2002-2016. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui latar belakang kehidupan perempuan penyortir biji kopi yang bekerja di Koperasi Baitul Qiradh (2) untuk mengetahui faktor yang menjadi motivasi para pekerja perempuan di Koperasi Baitul Qiradh sebagai penyortir biji kopi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode penelitian historis (Historical Research).Dalam penelitian ini diperlukan metode sejarah karena metode sejarah menggunakan catatan observasi atau pengamatan orang lain yang tidak dapat diulang-ulang kembali Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yakni wawancara dengan informan, dokumentasi pada arsip kampung, dan observasi langsung ke koperasi Baitul Qiradh. Informan dalam penelitian ini meliputi perempuan penyortir kopi yang bekerja di Koperasi tersebut. Hasil dari Penelitian ini adalah (1) perempuan penyortir termasuk dalam kategori sejahtera jika dilihat dari pengeluaran rumah tangga, pendidikan anak, dan juga kehidupan ekonomi pada perempuan penyotir khususnya aset rumah yang sudah memadai. (2) Faktor yang mempengaruhi perempuan penyortir kopi bekerja di koperasi Baburayyan Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah (2002-2016) : pertama, faktor pendidikan penyortir rata-rata dari mereka tamatan SMP dan SMA, Kedua, faktor kurangnya lapangan pekerjaan nonformal yang disediakan oleh pihak pemerintahan. Ketiga, mereka memilih pekerjaan sebagai penyortir kopi dikarenakan ekonomi lemah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANAN KEMITRAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI KOPI (KASUS KEMITRAAN : KOPERASI BAITUL QIRADH (KBQ) BABURRAYYAN DENGAN PETANI KOPI DI KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH) (rahmi, 2017)

SISTEM JARINGAN PASOK DAN NILAI TAMBAH EKONOMI KOPI ORGANIK (STUDY KASUS DI KBO BABURRAYAN KABUPATEN ACEH TENGAH) (Mujiburrahmad, 2021)

ANALISA SUPPLY CHAIN RISK MANAGEMENT MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) PADA SUPPLY CHAIN PRODUKSI KOPI (STUDI KASUS : KOPERASI BAITUL QIRADH BABURRAYYAN ACEH TENGAH) (Dira Farhani, 2017)

ANALISIS NILAI TAMBAH PROSES PENGOLAHAN KOPI ARABIKA GAYO ACEH (STUDI KASUS PADA KOPERASI KBQ BABURRAYAN DAN KOPERASI PERMATA GAYO) (Taufiqurrahman, 2020)

PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN MENGGUNAKAN SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR®) (STUDI KASUS KOPERASI BAITUL QIRADH BABURRAYYAN) (Raysa Aleyzia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy