PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI 3 BANDA ACEH


Pengarang

Putri Afnita - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306104040022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Afnita,Putri.. 2017. Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di SD Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Hasmiana Hasan, M.Si., (2) Anjar Candrawati, S.Pd., M.Ed.


Kata kunci : Pelaksanaan, Pendidikan Inklusi.
Dalam konteks persoalan tentang pendidikan Inklusi, yang dilakukan oleh guru adalah Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di SD Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini berupaya mengungkapkan Bagaimana pelaksanaan pendidikan Inklusi di SD Negeri 3 Banda Aceh. apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan inklusi untuk di SD Negeri 3 Banda Aceh dan apa saja usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan inklusi untuk di SD Negeri 3 Banda Aceh?. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan Inklusi di SD Negeri 3 Banda Aceh. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan inklusi untuk di SD Negeri 3 Banda Aceh dan untuk mengetahui usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan pendidikan inklusi untuk di SD Negeri 3 Kota Banda Aceh.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik wawancara, Subjek dalam penelitian adalah 6 orang guru di SD Negeri 3 Tiga Banda Aceh. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan anlisis data kualitatif yaitu reduksi data, model data (Data Display), dan penarikan/verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan guru kelas memiliki kemampuan yang tergolong baik dalam pelaksanaan pendidikan inklusi, namun masih mengalami kesulitan-kesulitan dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Kesulitan-kesulitan tersebut tidak sepenuhnya berasal dari guru, sebagian kesulitan-kesulitan tersebut timbul karena siswa yang berkebutuhan khusus berbeda pemahamannya dengan siswa reguler. Sehingga ABK sulit dalam menerima pembelajaran, karena ada sebagian pembelajaran tidak sesuai dengan kemampuannya. Permasalahan yang muncul terkait pelaksanaan inklusi adalah terkait dengan guru, siswa, orangtua, sekolah, masyarakat, pemerintah dan kurangnya sarana prasarana yang mendukung pelaksanaan sekolah inklusi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK