//

PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH PULP KOPI DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP MUTU BOKASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Donny Heansyah Putra - Personal Name
SubjectFERMENTATION - FOOD TEHCNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Pulp kopi arabika sejauh ini belum dimanfaatkan dalam pembuatan bokasi. Sebagian besar pulp kopi arabika dibiarkan begitu saja sehingga mencemari lingkungan. Untuk itu perlu adanya pemanfaatan pada kulit kopi arabika (pulp kopi) seperti pembuatan pupuk organik atau bokasi agar dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia oleh petani kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari penambahan pulp kopi arabika serta lama fermentasi yang digunakan dalam pembuatan bokasi terhadap mutu bokasi yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terpisah (RPT) atau Slit Plot yang terdiri dari Petak Utama dan Anak Petak. Petak utama adal ah penambahan pulp kopi (A) yang terdiri dari 4 taraf, yaitu A1= 0%, A2= 15%, A3= 30%, A4= 45%. Anak petak adalah lama fermentasi (F) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu F1= 0 hari, F2= 10 hari, F3= 16 hari, dengan menggunakan 2 kali ulangan (U), sehingga diperoleh 24 satuan percobaan. Analisis yang dilakukan terhadap bokasi yang dihasilkan yaitu: total mikroorganisme (TPC), pH, unsur C , unsur N, rasio C/N, temperatur, kadar air, organoleptik (tekstur, aroma, dan warna), dan uji tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan pulp kopi arabika yang digunakan pada pembuatan bokasi berpengaruh nyata terhadap total mikroorganisme, unsur N, unsur C, nilai pH, kadar air dan aroma bokasi. Lama fermentasi berpengaruh sangat nyata terhadap unsur C, unsur C/N, kadar air, dan uji tanaman. Semakin lama fermentasi unsur C akan semakin menurun. berdasarkan dari uji tanaman penambahan pulp kopi A3F2U1 (A3= 30% pulp kopi dan F2= 10 hari fermentasi) diperoleh bokasi dengan tinggi tanaman terbaik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PROPORSI AMPAS BUBUK KOPI DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP MUTU BOKASI (Rizal Fahmi, 2016)

PENGARUH PERLAKUAN PULP KOPI DAN LAMA SEDUHAN TERHADAP MUTU CASCARA DAN SEDUHANNYA (MOH SAHLAN P L, 2019)

ANALISIS PENAMBAHAN STARTER DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KUALITAS BIJI KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) PADA SKALA LABORATORIUM (Dian Satria, 2016)

PEMANFAATAN LIMBAH BATANG TEMBAKAU DALAM PEMBUATAN BOKASI (Zubir, 2015)

APLIKASI STARTER (RAGI) UNTUK MEMPERBAIKI KUALITAS FERMENTASI BIJI KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) DI TINGKAT PETANI (Irfan Fauzi Sembiring, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy