//

ETNOBOTANI FAMILIA ZINGIBERACEAE DI KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aja Khairun Nisa - Personal Name
SubjectZINGIBERACEAE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Etnobotani, Zingiberaceae, Masyarakat Kecamatan Meukek Penelitian tentang “Etnobotani Familia Zingiberaceae di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan” telah dilakukan pada tanggal 13 Agustus sampai dengan19 Agustus 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tanaman Zingiberaceae dan pemanfaatan tanaman Zingiberaceae di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan adalah metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ditemukan 13 spesies dari 8 genus tanaman Zingiberaceae yang dimanfaatkan oleh masyarakat Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Persentase pemanfaatan tanaman Zingiberaceae yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk obat-obatan 76.92%, bumbu masakan 46.15%, upacara adat 15.38%, tanaman hias 23.07%, dan bangunan 7.69%. Persentase organ tanaman Zingiberaceae yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bunga 23.58%, batang 17.32%, daun 14.61%, buah 5.32%, rimpang 47.32%. Masyarakat banyak memanfaatkan tanaman Zingiberaceae untuk obat-obatan yaitu 76.92% dan organ tanaman paling sering digunakan yaitu organ rimpang yaitu 47.32%. Pemanfaatan tanaman Zingiberaceae oleh masyarakat dimanfaatkan secara langsung atau diolah terlebih dahulu.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEKERABATAN FENETIK 7 ANGGOTA FAMILIA ZINGIBERACEAE (Dia Hastuti, 2019)

PEMANFAATAN ZINGIBERACEAE DI DATARAN TINGGI GAYO LUES (FITRI ULAN DARI, 2021)

MANFAAT ZINGIBERACEAE SEBAGAI TANAMAN OBAT DI KECAMATAN DARUL KAMAL, KABUPATEN ACEH BESAR (Devi Handayani, 2014)

IDENTIFIKASI JENIS TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN SEBAGAI OBAT PADA MASYARAKAT KECAMATAN DABUN GELANG KABUPATEN GAYO LUES (Verawati Tarigan, 2021)

PENGGUNAAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN PANGAN, PENAMBAH AROMA DAN PEWARNA DI KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN (RETCIA AISA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy