PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER SESSION PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER SESSION PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH


Pengarang

Muzakkir - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206101040081

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

v
ABSTRAK
Muzakkir.2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran
Gallery Walk dengan Model Pembelajaran Poster Session Pada Mata Pelajaran
Geografi di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) Drs. Thamrin K, M.Si
Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, gallery walk, poster session, geografi
Model pembelajaran merupakan rancangan dasar bagi seorang guru tentang cara
melaksanakan pembelajaran secara bertanggung jawab. Penggunaan model
pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan partisipasi siswa selama pembelajaran
sehingga hasil belajar menjadi optimal. Beberapa model pembelajaran yang bisa
digunakan dalam proses pembelajaran ialah model pembelajaran gallery walk dan poster
session.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang
diajarkan menggunakan model pemeblajaran gallery walk lebih baik dibandingkan
dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model poster session
pada mata pelajaran Geografi kelas X IS di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan
menggunakan model pemmbelajaran gallery walk lebih baik dengan hasil belajar siswa
yang diajarkan menggunakan model pembelajaran poster session pada mata pelajaran
Geografi Kelas X IS di SMA Negeri 11 Banda Aceh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eskperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IS di SMA
Negeri 11 Banda Aceh yang berjumlah 68 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan
Teknik sampling purposive, diambil hanya dua kelas yaitu kelas X IS 1 sebanyak 22
siswa dan kelas X IS 2 sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemeberian
test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan
dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung
=
6,96 dan ttabel
= 1,68 untuk taraf signifikan 5% dengan dk = 41, artinya sesuai dengan
kriteria thitung
> ttabel
atau 6,96 > 1,68 sehingga H
a
diterima.
Simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar siswa mata pelajaran Geografi
yang diajarkan dengan model pembelajaran gallery walk lebih baik dibandingkan
dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran poster session
pada siswa kelas X di SMA Negeri 11 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK