//

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI, PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TIA ZULIANI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
HYDROCARBONS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zuliani, T. 2017. Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Hidrokarbon di Kelas XI SMA Negeri 1 Sigli, Pidie. Fakultas Keguruann dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Mukhlis, S.Pd., M.Si (2) Dra. Latifah Hanum, M.Si Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Hidrokarbon di Kelas XI SMA Negeri 1 Sigli, Pidie”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan belajar, aktivitas dan tanggapan peserta didik terhadap penerapan model discovery learning pada materi hidrokarbon. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sigli, Pidie sejak tanggal 3 Juni s.d 26 Juli 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Sigli, Pidie yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar aktivitas peserta didik dan soal pilihan berganda sebanyak 10 soal dan angket tanggapan peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan, dengan pembelajaran menggunakan model discovery learning pada materi hidrokarbon. Aktivitas peserta didik diamati oleh 2 orang observer dan pada akhir pembelajaran dilakukan tes tertulis untuk melihat ketuntasan belajar dan dibagikan angket tanggapan untuk melihat tanggapan peserta didik terhadap penerapan model discovery learning. Hasil penelitian ini dianalisis dengan rumus persentase. Hasil pengolahan dan analisis data terhadap penerapan model discovery learning pada materi hidrokarbon diperoleh aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama, kedua, ketiga, dan keempat berturut-turut 82,50%, 86,25%, 91,25% dan 92,50%. Ketuntasan belajar peserta didik sebesar 80,69% dan tanggapan peserta didik terhadap penerapan model discovery learning sebesar 89,95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada materi hidrokarbon dapat diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal, aktivitas peserta didik, serta memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan model discovery learning. Kata Kunci: Model Discovery Learning, hidrokarbon, aktivitas peserta didik, ketuntasan belajar, respon peserta didik

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMEBELAJARAN PROGRAM LINEAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI (Ulya Rohaizati, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Silvia Wulandari, 2018)

PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (muthmainnah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy