//

ASETILASI PATI JANENG (DIOSCOREA HISPIDA DENNTS) DAN APLIKASINYA SEBAGAI BIOPLASTIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUMI SARI MALTA - Personal Name
SubjectPLASTICIZERS (PLASTICS)
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Modifikasi pati janeng (Dioscorea hispida Dennts) secara asetilasi menggunakan pereaksi asetat anhidrat dalam kondisi basa telah dilakukan. Pati asetat dengan nilai derajat subtitusi (DS) tertinggi diperoleh pada perbandingan asetat anhidrat:pati 4:3 (b/b) dengan suhu asetilasi pada 45oC selama 60 menit. Hasil FTIR menunjukkan telah terjadi substitusi gugus asetil ke dalam molekul pati yang ditandai dengan sedikit melebarnya pita serapan OH pada 3255 cm-1 dan muncul pita pada 1717 cm-1 yang merupakan daerah serapan gugus karbonil (C=O) ester. Pati asetilasi menunjukkan nilai swelling power, kelarutan dan viskositas yang lebih tinggi dibandingkan pati alami. Suhu gelatinisasi pati alami dan pati asetilasi teramati pada 75oC. Bioplastik dari pati asetilasi memiliki kekuatan tarik dan elongasi yang lebih tinggi dibandingkan bioplastik dari pati alami, namun ketahanan air bioplastik dari pati asetilasi menurun. Hasil uji XRD bioplastik dari pati asetilasi menunjukkan adanya sedikit penurunan intensitas pada sudut 2ϴ 16,94o dan 19,72o yang menunjukkan telah terjadi interaksi antara pati dengan asetat anhidrat. Hasil analisa morfologi permukaan pati hasil asetilasi menunjukkan sifat yang lebih homogen dibandingkan pati alami.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN BIOPLASTIK KOMPOSIT DARI PATI UMBI JANENG - KHITOSAN DENGAN PEMLASTIS MINYAK SAWIT DAN GLISEROL (Narlis Juandi, 2017)

PEMBUATAN PLASTI BIODEGRADABEL DARI PATI JAGUNG SEBAGAI ACTIVE PACKAGING BERBASIS RAMAH LINGKUNGAN (Gifari Jakawali, 2018)

PROSES PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI TEPUNG BERAS DAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (RATU NURUL ALAM NAQIATUDDIN, 2019)

PROSES PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABLE DARI TEPUNG BERAS DAN GLISEROL SEBAGAI PLASTICIZER (ZULAIHA, 2019)

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI BIOPLASTIK DARI KITOSAN, PATI TALAS (COLOCASIA ESCULENTA) DAN MINYAK JARAK (Gunawan Fajri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy