//

SKRINING AKTIVITAS TUMBUHAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI BAHAN ANTIMIKROBA DI KAWASAN IE JUE DESA MEURAH (UP FLOW GEOTHERMAL ZONE) ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zaiyard Aulia P - Personal Name
SubjectCLONING - BIOTECHNOLOGY
MICROBIAL DISEASES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang aktivitas tumbuhan yang berpotensi sebagai bahan antimikroba dari Up flow geothermal zone di desa Meurah, Ie Jue, Aceh Besar telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kandungan metabolit sekunder serta aktivitas antimikroba dari tumbuhan Blumea blasmifera, Ceraptopteris thalictroides, Tephrosia noctiflora B, Ocimum americanum L, Stachytarpheta jamaicensis L. Skrining fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak metanol tumbuhan mengandung saponin, terpenoid, steroid dan tanin. Dalam penelitian ini uji antimikroba dilakukan dengan metode Kirby Bauer. Konsentrasi ekstrak tumbuhan yang digunakan untuk uji antimikroba adalah sebesar 50%. Uji antimikroba menunjukkan bahwa diameter zona hambat yang paling besar terhadap bakteri Staphyloccocus aureus dan Escherichia coli adalah tumbuhan Blumea blasmifera dan Stachytarpheta jamaicensis L dengan diameter zona hambat masing-masing adalah sebesar 23,1 mm dan 11,57 mm. Sementara itu, uji struktur antijamur tidak menunjukan adanya diameter zona hambat terhadap Candida albicans. Kata Kunci : Up flow geothermal zone, Staphyloccocus aureus, Escherichia coli dan Candida albicans.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SKRINING AKTIVITAS TUMBUHAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI BAHAN ANTIMIKROBA DI KAWASAN IE-JUE AREA 2 DESA MEURAH (UPFLOW GEOTHERMAL ZONE) KABUPATEN ACEH BESAR (DESI AIDA FITRIA, 2017)

SKRINING AKTIVITAS TUMBUHAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI BAHAN ANTIMIKROBA DI KAWASAN IE JUE AREA 1 DESA MEURAH (UPFLOW GEOTHERMAL ZONE) KABUPATEN ACEH BESAR (Rahma Novita, 2017)

SKRINING AKTIVITAS TUMBUHAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI BAHAN ANTIMIKROBA DI KAWASAN IE JUE AREA 3 DESA MEURAH (UPFLOW GEOTHERMAL ZONE) KABUPATEN ACEH BESAR (Nisa Ulmuddrika, 2017)

SKRINING AKTIVITAS TUMBUHAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI BAHAN ANTIMIKROBA DI AREA ATAS KAWASAN IE SEU-UM (OUTFLOW GEOTHERMAL ZONE) ACEH BESAR (Fajar Menahadilla, 2016)

SKRINING AKTIVITAS TUMBUHAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI BAHAN ANTIMIKROBA DI AREA BAWAH KAWASAN IE SEU-UM (OUTFLOW GEOTHERMAL ZONE) ACEH BESAR (saima putri harahap, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy