ANALISIS SEMIOTIKA PESAN-PESAN OPTIMISME DALAM FILM SANG PEMIMPI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS SEMIOTIKA PESAN-PESAN OPTIMISME DALAM FILM SANG PEMIMPI


Pengarang

Muhammad Redha A - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1010102010087

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

302.2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul "Analisis Semiotika Pesan-Pesan Optimisme Dalam
Film Sang Pemimpi". Film Sang Pemimpi merupakan adaptasi dari novel karya
Andrea Hirata yang menceritakan mimpi tiga orang sahabat Ikal, Arai, dan Jimbron.
Mereka memiliki mimpi ingin kuliah keluar negeri di Sorbonne, Paris. Tetapi hanya
Ikal dan Arai saja yang akhirnya pergi untuk mewujudkan mimpi mereka, sementara
Jimbron lebih memilih tinggal di desa bersama kekasih hatinya. . Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pesan-pesan optimisme yang terdapat dalam film Sang
Pemimpi. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce. Proses
pemaknaan dalam semiotika Pierce berpusat pada kerja sama tiga subjek, yaitu tanda,
objek, dan interpretan. Jenis penelitiannya adalah kualitatif deskriptif dengan
menggunakan teknik dokumentasi. Data primer yang didapatkan dalam penelitian ini
bersumber dari film Sang Pemimpi,. Berdasarkan konsep optimisme Daniel Goleman
ditemukan 8 scene optimisme, diantaranya 3 scene memiliki pengharapan yang tinggi,
2 scene tidak mudah putus asa, 1 scene mampu memotivasi diri, 1 scene merasa
cukup banyak akal untuk meraih tujuan, dan 1 scene memiliki kepercayaan diri yang
tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek tanda, objek dan
interpretan yang dominan diperoleh pada film ini adalah tanda tipe legisign yaitu
penggunaan dialog dan monolog serta mimik wajah tokoh, objek tipe index berupa
sebab akibat dari penggunaan tanda yang mengacu pada pesan optimisme, dan
interpretan tipe argument yaitu pemahaman peneliti terhadap tanda dan pesan
optimisme para tokoh yang terlibat didasarkan oleh alasan tertentu. Berdasarkan hasil
dari kaitan tanda, objek, dan interpretan ketiganya saling bekerja sama dalam
merepresentasikan pesan optimisme baik verbal maupun non verbal yang berbentuk
simbolis dan memiliki arti sehingga membantu penonton dalam memahami pesan
yang terkandung pada film Sang Pemimpi.
Kata kunci : Pesan, Optimisme, Semiotika Charles Sanders Peirce, Film Sang
Pemimpi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK