//

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH BESAR TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muji Bussalim - Personal Name
SubjectWASTE TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Muji Bussalim, 2017 ABSTRAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH BESAR TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (xii.83), pp., bibl., app. (Radhi Darmansyah, M.Sc) Pemerintah Kabupaten Aceh Besar guna mengelola sampah membuat suatu kebijakan yaitu Qanun nomor 11 tahun 2008 tentang pengelolaan kebersihan dan retribusi pelayanan yang dimana penjabaran mengenai tata cara pelaksanaannya diatur dalam Qanun tersebut. Namun pelayanan terhadap pengeloaan sampah di Aceh Besar Sejauh ini masih terlihat belum efektif. Hal tersebut tampak dari banyaknya tumpukan-tumpukan sampah yang ada di kawasan Aceh Besar. Dampak dari tumpukan sampah tersebut adalah sumber penyakit, banjir, udara yang tidak sedap, serta berdampak pada keindahan Kabupaten Aceh Besar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses implementasi kebijakan Pemerintah terhadap pengelolaan sampah di kabupaten Aceh besar dan mengetahui bagaimana peran Pemerintah Aceh Besar dalam mengontrol kebijakan pengelolaan sampah di kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, hasil penelitian didapatkan dari observasi ke lapangan melalui wawancara dan dokumentasi, serta mendeskripsikan hasil sesuai dengan kondisi yang terjadi, di mana hasil penelitian bersifat deskripsi yaitu memberi gambaran dan penjelasan yang tepat mengenai persoalan yang dihadapi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa Faktor utama penyebab buruknya implementasi kebijakan. Faktor tersebut adalah minimnya anggaran terhadap pengelolaan sampah, luas area Kabupaten Aceh Besar yang mempengaruhi aspek pengelolaan sampah dan kurangnya sumber daya manusia yang mendukung jalan proses pengelolaaan sampah di Kabupaten Acen Besar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebijakan Qanun Nomor 11 Tahun 2008 tentang pengelolaan kebersihan dan retribusi pelayanan kebersihan atau persampahan tidak berjalan dengan baik. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pengelolaan sampah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH BESAR TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH (Muji Bussalim, 2017)

IMPLEMENTASI QANUN NOMOR 1 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA BANDA ACEH (NENNY YUSTIKA, 2019)

ANALISIS WILLINGNESS TO PAY MASYARAKAT UNTUK PENINGKATAN PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA BANDA ACEH (Yuly Arnita, 2018)

TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH (TEUKU M HAFIZH, 2018)

PENGARUH STATUS EKONOMI TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG GEUCE INEUM KOTA BANDA ACEH (DELSAN MAULANA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy