//

KEBIASAAN MAKAN DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN SIDAT (ANGUILLA MARMORATA) DI PERAIRAN SUNGAI BRAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ridho Romanda - Personal Name
SubjectFISHES
FISHING - COMMERCIAL TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang kebiasaan makan dan hubungan panjang berat ikan sidat (Anguilla marmorata) telah dilakukan pada bulan Maret - Juni 2017 (Rajab - Ramadhan 1438 H). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan makan dan hubungan panjang berat dan faktor kondisi ikan sidat (Anguilla marmorata) di sungai Brayeun, Kecamatan Leupung, Kabupaen Aceh Besar, Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan metode eksplorasi, pengambilan sampel difokuskan pada malam hari. Pengambilan sampel dilakukan enam kali dalam sebulan selama tiga bulan (total 18 kali) yaitu pada bulan gelap di bulan Hijriah yaitu bulan yang baru dan tua. Sebanyak 38 ikan ditangkap selama penelitian. Analisis kandungan isi lambung menunjukkan bahwa kepiting dan udang merupakan makanan utama ikan sidat, sementara makanan pelengkap adalah cacing, yang mengindikasikan ikan sidat sebagai ikan karnivora. Hasil analisis hubungan panjang dan berat menunjukkan bahwa ikan sidat memiliki pola pertumbuhan allometrik positif dari ikan jantan dan betina, dan faktor kondisi menunjukkan bahwa sungai Brayeun masih dalam kondisi baik dan mendukung kehidupan ikan. Kata kunci : Allometrik positif, panjang berat, kebiasaan makan, karnivora, kepiting

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JENIS UMPAN YANG BERBEDA TERHADAP HASIL TANGKAPAN IKAN SIDAT(ANGUILLA SPP) DISUNGAI BRAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (TEUKU FACHRURRAZI, 2018)

STUDI KEBIASAAN MAKAN DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN JULUNG - JULUNG (DERMOGENYS SP.) DI SUNGAI ALUR HITAM KECAMATAN BENDAHARA KABUPATEN ACEH TAMIANG (ZULIANI, 2016)

ANALISIS KEBIASAAN MAKAN DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN TAWES (BARBONYMUS GONIONOTUS BLEEKER) DI SUNGAI REUBEE KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE (Boy Alfari Fhonna, 2018)

PENGARUH PERBEDAAN RANSUM HARIAN TERHADAP PERTUMBUHAN, PEMANFAATAN PAKAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP ELVER IKAN SIDAT (ANGUILLA BICOLOR) (FIANA LISRA, 2017)

KEBIASAAN MAKAN DAN RELUNG EKOLOGI IKAN YANG MENDOMINASI DI PERAIRAN KUALA GIGIENG KABUPATEN ACEH BESAR (AZURA HELMAHERA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy