//

MOTIVASI BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI KUSUMA SARI - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MOTIVATION -EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar di antaranya adalah motivasi, Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku. Motivasi sangat diperlukan dalam proses belajar. Karena motivasi sangat menentukan tingkat berhasil atau gagalnya perbuatan belajar siswa, belajar tanpa adanya motivasi akan terasa sulit untk berhasil. Seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tidak akan melakukan aktivitas belajar. Sehingga dapat dikatakan bahwa motivasi dan hasil belajar adalah dua hal yang saling mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 15 Banda Aceh, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket dan tes. Untuk mengumpulkan data motivasi maka dilakukan pengedaran angket dengan jumlah butir angket sebanyak 20 pernyataan, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari nilai hasil tes, dimana tes tersebut memuat 30 butir soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa hubungan antara motivasi dan hasil belajar tergolong kuat. Hal ini terlihat pada hasil perhitungan korelasi, yaitu r = 0,67 dan hipotesis yang diuji dengan taraf siginifikan α=0,05 dan dk = 28 – 2 = 26. Sehingga didapat t_hitung>t_tabel, yaitu 4,604 > 1,71. Dengan demikian H_0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 15 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017. Hasil perhitungan korelasi tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 15 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Belajar, motivasi, hasil belajar

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASET LEARNING (PBL) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Jumratul Aini, 2017)

KEMAMPUAN NUMERIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANGGENG, ABDYA TAHUN 2016/2017 (REZAWATIMAR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy