//

PREFERENSI ORANG TUA TERHADAP TAYANGAN EDUKATIF DI TELEVISI DALAM PENDAMPINGAN ANAK MENONTON TELEVISI (STUDI TERHADAP ORANG TUA DI GAMPONG LAMTEUNGOH KECAMATAN INGIN JAYA ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairina - Personal Name
SubjectCHILD ABUSE - CRIMINOLOGY - CRIMINAL LAW
CHILD PROTECTION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Preferensi Orang Tua Terhadap Tayangan Edukatif di Televisi Dalam Pendampingan Anak MenontonTelevisi (Studi Terhadap Orang Tua di Gampong Lamteungoh Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi orang tua terhadap tayangan edukatif di televisi dalam pendampingan anak menonton televisi . Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification yang berasumsi bahwa pengguna media secara aktif mencari media tertentu unt uk memenuhi kebutuhan dan mendapatkan kepuasan tertentu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari sembilan orang tua yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi orang tua di Gampong Lamteungoh dalam pemilihan acara televisi untuk ditonton oleh anak berdasarkan kriteria, yaitu acara yang mengandung unsur pendidikan, sosial budaya, dapat memberikan motivasi untuk belajar, dan menghibur. Acara yang sering dipilih oleh orang tua untuk ditonton bersama anak adalah On The Spot di Trans7. Hal ini dikarenakan para orang tua merasa acara tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Pengetahuan yang didapat beragam, mulai pengetahuan umum, sejarah, pengetahuan alam, dan budaya. Orang tua di Gampong Lamteungoh melakukan pendampingan saat anak menonton televisi. Para Orang tua cenderung membiarkan anak menonton acara yang disukai. Acara yang sering dibiarkan oleh orang tua ketika anak menonton film kartun, seperti Upin Ipin. Para orang tua menjadikan Upin Ipin sebagai contoh untuk anak berbuat baik, seperti belajar mengaji, rajin ke sekolah, baca do a sebelum makan, membantu orang tua, dan saling menolong sesama. Bentuk pendampingan orang tua dalam aktifitas anak menonton televisi berupa pemilihan program yang sesuai dengan umur anak, penyampaian informasi program acara televisi, membuat kriteria acara yang dapat di tonton anak dan menerapkan waktu menonton televisi. Bentuk pendampingan orang tua dalam aktifitas anak menonton televisi berupa pemilihan program yang sesuai dengan umur anak, penyampaian informasi program acara televisi, membuat kriteria acara yang dapat di tonton anak dan menerapkan waktu menonton televisi. Kata Kunci: Preferensi Orang Tua, Tayang Edukatif Televisi, Anak

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

BENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENGAWASI ANAK MENONTON TELEVISI (STUDI TERHADAP MASYARAKAT GAMPONG RUKOH, KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH) (ikhlasillah, 2014)

HUBUNGAN MENONTON TELEVISI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DI DESA PEULANGGAHAN KECAMATAN KUTARAJA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rahmawati, 2014)

UPAYA ORANG TUA DALAM MENGONTROL PERILAKU ANAK USIA DINI PADA SAAT MENONTON TELEVISI DI GAMPONG COT LHOK KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Darniati, 2018)

HUBUNGAN PERILAKU MENONTON TAYANGAN KEKERASANRNDI TELEVISI DENGAN PERILAKU AGRESIF DI SEKOLAHRNDASAR KECAMATAN SYIAH KUALARNBANDA ACEH (HUSNA, 2015)

PERAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK MENONTON TELEVISI DI KOTA BANDA ACEH (KAMELIA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy