KONDISI PSIKOLOGIS SISWA SMP PASCA GEMPA BUMI DI KECAMATAN MEUREUDU PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KONDISI PSIKOLOGIS SISWA SMP PASCA GEMPA BUMI DI KECAMATAN MEUREUDU PIDIE JAYA


Pengarang

SUSIYANTI MISFITRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306104030044

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.158

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Misfitri, Susiyanti. 2017: Kondisi Psikologis Siswa SMP Pasca Gempa Bumi di Kecamatan Meureudu Pidie Jaya. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Syaiful Bahri, M.Pd (2) Drs. Abu Bakar, M.Si.

Kata kunci: kondisi psikologis, gempa bumi

Penelitian ini berjudul “Kondisi Psikologis Siswa SMP pasca gempa bumi di kecamatan Meureudu, Pidie Jaya” Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi psikologis siswa pasca gempa bumi. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMPN 1 dan 2 Meureudu Pidie Jaya, dengan jumlah populasi 654 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling acak (random Sampling) untuk menentukan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 248 siswa. Pengumpulan data menggunakan intrumen pengukuran kondisi psikologis yang telah dimodifikasi. Analisis data mengunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan kondisi psikologis siswa pasca gempa bumi cenderung berada pada kategori terganggu. Dilihat dari jumlah jawaban responden pada setiap aspek kondisi psikologis seperti, aspek fisik pada kategori terganggu atau disebut sebagian besar (78,6%), kategori sangat terganggu atau disebut sedikit sekali (13,6%) dan tidak terganggu atau sebagian kecil (7,9%). Aspek kognisi pada kategori terganggu atau disebut sebagian besar (65,5%), sangat terganggu atau disebut sebagian kecil (23,6%) dan tidak terganggu atau disebut sedikit sekali (11,1%). Aspek emosi pada kategori terganggu atau sebagian besar yaitu (63,2%), sangat terganggu atau sedikit sekali (18,9%) dan tidak terganggu atau sedikit sekali (17,8%). Aspek perilaku pada kategori terganggu atau sebagian besar (65,6%), sangat terganggu atau disebut sebagian kecil (28,9) dan tidak terganggu atau sedikit sekali (5,4%). Aspek sosial pada kategori terganggu atau (42,4%), sangat terganggu atau sebagian besar (30,4%) dan tidak terganggu atau (28,2%. Secara umum kondisi psikologis siswa pasca gempa bumi yaitu pada kategori terganggu atau sebagian besar (68,9%), kategori sangat terganggu atau sedikit sekali (18,9%), dan kategori tidak terganggu atau sedikit sekali (12,1%).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK