//

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK AMINULLAH USMAN DAN ZAINAL ARIFIN PADA MASA KAMPANYE PILKADA 2017 DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Aulia - Personal Name
SubjectPOLITICS - COMMUNICATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Politik Aminullah Usman dan Zainal Arifin pada Masa Kampanye Pilkada 2017 di Kota Banda Aceh. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin pada masa Pilkada 2017 tingkat Walikota dan Wakil Walikota di Banda Aceh bisa menang dengan menggunakan strategi komunikasi politik yang tepat, menyampaikan isu dan permasalahan selama masa kampanye serta pembentukan relawan yang mendukung pasangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi politik yang diterapkan oleh pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin serta tim pemenangannya hingga mengantarkan pasangan tersebut meraih kemenangan dengan perolehan hasil sebanyak 66.79% suara dibandinkan dengan lawan pasangannya. Teori yang digunakan adalah Teori Political Marketing model Lees- Marshment, dimana dalam penggunaannya pemasaran politik tidak jauh berbeda dengan konsep pemasaran secara komersial dengan digerakan oleh empat elemen utama yaitu Product, Place, Price, dan Promotion. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Subjek informan dalam penelitian mengambil teknik purposif. Berdasarkan hasil pengolahan data secara interaktif, terdapat beberapa peranan yang dilakukan oleh tim pemenangan Aminullah Usman dan Zaina l Arifin selama masa kampanye, seperti strategi kampanye dilakukan dengan tiga cara yaitu kampanye face-to-face, kampanye dengan menggunakan sosial media, dan kampanye terbuka (kampanye akbar). Penelitian ini menunjukan bahwa proses kampanye yang berjalan sesuai dengan penerapan teori Political Marketing, dimana peran pendekatan serta strategi kampanye yang dilakukan berhasil mempresuasi pemikiran masyarakat Kota Banda Aceh untuk memilih pasangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin. Kata Kunci: Komunikasi Politik, Pemasaran Politik, Strategi, Teori Political Marketing, Pilkada

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI POLITIK AMINULLAH USMAN DAN ZAINAL ARIFIN PADA PILKADA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2017 (Fanni Alfian, 2019)

KEMENANGAN AMINULLAH USMAN DAN ZAINAL ARIFIN DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BANDA ACEH TAHUN 2017 (Aqil Munawar, 2018)

PENGARUH POLITIK IDENTITAS ETNIS TIONGHOA TERHADAP KEMENANGAN AMINULLAH USMAN- ZAINAL ARIFIN PADA PILKADA 2017 DI BANDA ACEH (STUDI KASUS PADA ETNIS TIONGHOA DI KECAMATAN KUTA ALAM) (Armia, 2019)

PENINGKATAN ELEKTABILITAS CALON WALIKOTA MELALUI IKLAN POLITIK (STUDI KASUS PENGUNAAN DAN PENDANAAN IKLAN POLITIK OLEH CALON WALIKOTA BANDA ACEH 2017) (Sumber Manik, 2017)

EFEKTIVITAS MARKETING POLITIK ILLIZA SA’ADUDDIN DJAMAL PADA PILKADA 2017 DIKOTA BANDA ACEH (Dewi Mardalisa, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy