//

STRUKTUR KOMUNITAS BIVALVIA DI PESISIR PANTAI TELUK NIBUNG KECAMATAN PULAU BANYAK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jamnur Syahputra - Personal Name
SubjectSTRUCTURAL GEOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas bivalvia di pesisir pantai Teluk Nibung. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2017. Penelitian ini terdiri atas tiga stasiun pengamatan. Pengambilan data dilakukan menggunakan transek kuadrat 1m^2 x 1m^2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 12 spesies bivalvia yaitu: Geloina erosa, Marcia opima, Isognomon ephipium, Saccostrea cucullata, Spisula solida, Donax cunneatus, Attactades striata, Tridacna gigas, Hippopus hippopus, Dosinia elegant, Anadara fultoni, dan Atrina vexilum. Nilai indeks Keanekaragaman (H^') berkisar antara 1,53-2,01 yang menunjukkan keanekaragaman spesies dengan tingkat sedang. Nilai dominasi berkisar antara 0,29- 0,36 menunjukkan bahwa tidak ada spesies yang mendominasi wilayah pada setiap stasiun dan nilai Indeks keseragaman (E) diantara stasiun penelitian berkisar 0,86–0,96 menunjukkan tingginya keseragaman spesies yang ditemukan. Faktor fisika-kimia memperlihatkan lingkungan perairan di lokasi tersebut masih dalam kisaran toleransi yang cukup baik untuk kehidupan bivalvia. Kata Kunci: Bivalvia, Pulau Banyak, Struktur Komunitas, Teluk Nibung,

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR KOMUNITAS ECHINOIDEA (BULU BABI) DI PERAIRAN PESISIR PANTAI TELUK NIBUNG KECAMATAN PULAU BANYAK KABUPATEN ACEH SINGKIL (Ibrahim, 2017)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS PADA EKOSISTEM MANGROVE DI DESA PULO SAROK PESISIR PANTAI SINGKIL, KABUPATEN ACEH SINGKIL (ZUNA SAHFERO, 2016)

KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI BIVALVIA DIKAWASAN PESISIR LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Rika Ramadani, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS MAKROZOOBENTHOS DAN KONDISI SUBSTRAT PADA KAWASAN MANGROVE DI PESISIR PULAU WEH (RISKI MULIAWAN, 2016)

KAJIAN STRUKTUR KOMUNITAS LAMUN DI PULAU MATAHARI ACEH SINGKIL (Herli Saswito, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy