//

KELIMPAHAN DAN POLA SEBARAN BULU BABI (ECHINOIDEA) DI PULAU KLAH KOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juliawan - Personal Name
SubjectPNEUMONIA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan dan pola sebaran bulu babi (Echinodea) di perairan Pulau Klah Kota Sabang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2017 sampai Februari 2017. Pengamatan dilakukan secara purposive sampling. Pengambilan data bulu babi menggunakan metode transek kuadrat. Panjang transek 25 m2 pada kedalaman 2 m secara horizontal. Kelimpahan bulu babi yang ditemukan pada pulau Klah Kota Sabang secara umum memiliki kisaran dari 0,316 – 1,168 ind/m2 dimana kelimpahan tertinggi pada stasiun 2 dan kelimpahan terendah pada stasiun 3. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 3 jenis bulu babi yaitu Diadema setosum, Echinometra mathaei, dan Echinotrix calamaris. Kelimpahan pada Diadema setosum berkisar 0,24 - 0,93 ind/ m2, Echinometra mathaei berkisar 0,012 - 0,104 ind/ m2 dan Echinotrix calamaris berkisar 0,012 - 0,132 ind/ m2. Pola sebaran Diadema setosum adalah mengelompok dan pola sebaran Echinometra mathaei, dan Echinotrix calamaris adalah seragam. Kata kunci: Bulu Babi, Echinoidae, Kelimpahan, Pulau Klah, Sabang

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KELIMPAHAN DAN POLA SEBARAN KIMA (TRIDACNIDAE) DI PERAIRAN PULAU KLAH KOTA SABANG (Lira Fitria, 2017)

IDENTIFIKASI DAN KEPADATAN BULU BABI (ECHINOIDEA) DI EKOSISTEM TERUMBU KARANG KRUENG RAYA ACEH BESAR (FAUZAN, 2015)

KELIMPAHAN JENIS DAN IDENTIFIKASI STRUKTUR GAMET BULU BABI (ECHINOIDEA) DI PESISIR KRUENG RAYA, ACEH BESAR (Haekal Ikhwani, 2018)

STRUKTUR KOMUNITAS ECHINOIDEA (BULU BABI) DI PERAIRAN PESISIR PANTAI TELUK NIBUNG KECAMATAN PULAU BANYAK KABUPATEN ACEH SINGKIL (Ibrahim, 2017)

HUBUNGAN KERUSAKAN TERUMBU KARANG DENGAN KELIMPAHAN BULU BABI (DIADEMA SETOSUM) DI ZONA LITORAL PANTAI PASIR PUTIH KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Nurul Vathia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy