//

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP GLASS EEL IKAN SIDAT (ANGUILLA BICOLOR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riska Zulinda Yanti - Personal Name
SubjectFISHES - FOOD
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan alami yang berbeda terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup dan mengetahui jenis pakan alami terbaik untuk glass eel (Anguilla bicolor). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Juni 2017. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan dan 4 kali pengulangan. Perlakuan yang diuji yaitu perbedaan pakan alami Tubifex sp., Pomacea canaliculata, Decaptersus macarellus dan Euphausia sp. terhadap pertumbuhan. Glass eel yang digunakan berukuran panjang rata-rata 5-7 cm dan kisaran bobot 0,1-1 gram dengan padat tebar 10 ekor/10 L. Jumlah pemberian pakan selama penelitian sebanyak 10%. Glass eel dipelihara dalam wadah ember hitam dengan volume 22 liter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan pakan alami berpengaruh nyata terhadap pertambahan bobot, laju pertumbuhan spesifik, kelangsungan hidup, rasio konversi pakan dan efesiensi pakan (P0,05). Pakan alami Decaptersus macarellus memberikan hasil yang terbaik dari perlakuan pemberian pakan alami lainnya. Keyword : Glass eel, pakan alami, pertumbuhan, kelangsungan hidup

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERBEDAAN RANSUM HARIAN TERHADAP PERTUMBUHAN, PEMANFAATAN PAKAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP ELVER IKAN SIDAT (ANGUILLA BICOLOR) (FIANA LISRA, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG BULU AYAM BROILER SEBAGAI PENGGANTI TEPUNG IKAN TERHADAP PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN PEMANFAATAN PAKAN SIDAT ANGUILLA SP. STADIA ELVER (MHD YUNUS THAMREN, 2018)

PENGARUH PADAT TEBAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN SIDAT (ANGUILLA BICOLOR) (Yayuk Sri Indrianti, 2017)

PENGARUH PENAMBAHAN ENZIM PAPAIN PADAPAKAN YANG MENGANDUNG TEPUNG BULU AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN PEMANFAATAN PAKANIKAN SIDAT (ANGUILLA BICOLOR) STADIA GLASS EEL (Khairul Rijal, 2019)

PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN BETOK (ANABAS TESTUDINEUS) PADA PEMBERIAN PAKAN ALAMI ZOOPLANKTON (MISRAWATI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy