//

MODIFIKASI MATA PISAU TIPE REEL SILINDER PADA MESIN PENCACAH PELEPAH SAWIT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIFTAH CHAIRI - Personal Name
SubjectMACHINE ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Banyaknya perkebunan kelapa sawit di Indonesia menimbulkan banyaknya limbah – limbah kelapa sawit yang terkadang dibiarkan begitu saja seperti pelepah sawit. Limbah pelepah sawit memiliki banyak fungsi seperti dapat digunakan sebagai pakan ternak, bahan baku briket dan juga pupuk kompos. Salah satu cara untuk dapat memperkecil ukuran pelepah adalah dengan menggunakan mesin pencacah, namun mesin pencacah membutuhkan daya yang cukup besar untuk memperhalus hasil cacahan. Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi bentuk mata pisau silinder menjadi pisau rata, bercoak dan berbergerigi. Penelitian ini menggunakan mesin pencacah pelepah sawit tipe silinder dengan daya sebesar 6,5 hp dan bahan berupa besi pegas (spring steel) untuk mata pisau dan pelepah sawit berumur dibawah 10 tahun sebagai bahan sampel. Penelitian ini dilakukan dengan melalukan pengujian tipe pisau yang dimodifikasi terhadap kapasitas kerja mesin, hasil cacahan, kehilangan hasil dan keseragaman hasil cacahan pelepah sawit. Hasil penelitian menunjukan bahwa kapasitas kerja mesin terbesar dihasilkan oleh mesin pencacah yang menggunakan tipe pisau bercoak yaitu sebesar 36,64 kg/jam. Persentase hasil cacahan yang keluar dan tertinggal pada mesin pencacah yang terbesar dihasilkan dari mesin pencacahan yang menggunakan pisau bercoak yaitu sebesar 47,14 % dan 37,65 % sedangkan untuk kehilangan hasil cacahan yang terkecil dihasilkan mesin pencacah dengan pisau bercoak yaitu sebesar 15,20 %. Berdasarkan hasil perhitungan keseragaman hasil didapat bahwa mesin pencacah dengan tipe bercoak, hasil cacahannya lebih sesuai jika digunakan untuk pakan ternak sedangkan untuk pisau rata dan bergerigi hasil cacahannya lebih sesuai jika dimanfaatkan sebagai pupuk kompos. Kata kunci : Pelepah Sawit, Pencacah, Mata Pisau

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN DAN PENGUJIAN KINERJA ALAT PENCACAH PELEPAH SAWIT TIPE REEL SILINDER (MUHAMMAD RAZI, 2017)

MODIFIKASI MATA PISAU PENCACAH DENGAN TIPE CONICAL BURR MILL PADA MESIN PENGGILING BIJI KOPI (COFFEA SP) (M Saifan Saputra, 2017)

MODIFIKASI MESIN PENCACAH UNTUK LIMBAH PELEPAH SAWIT (TEUKU AL MIZAN, 2019)

MODIFIKASI MESIN PENCACAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TIPE REEL SILINDER DENGAN PENAMBAHAN ROLL PENGEPRES (AHMAD GUSMAN MUFTHI, 2018)

RANCANG BANGUN MESIN PENCACAH PELEPAH PINANG (Nurul Zakiah, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy