//

PENAMBAHAN TEPUNG ANGGUR LAUT (CAULERPA LENTILLIFERA) DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP UDANG WINDU (PENAEUS MONODON)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MEUTIA RAHMAWATI - Personal Name
SubjectLOBSTER
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dosis tepung anggur laut (Caulerpa lentillifera) yang optimum didalam pakan udang windu (Penaeus monodon). Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Juni 2017 di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Ujung Batee Provinsi Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 taraf perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan konsentrasi yang diuji adalah 10, 20, 30, 40 dan 50 g/kg pakan. Pakan diberikan 4 kali sehari pada pukul 08.00, 12.00, 16.00 dan 20.00 WIB sebanyak 5% dari biomassa selama 60 hari. Hasil uji Anova menunjukkan bahwa pemberian tepung anggur laut (Caulerpa lentillifera) dalam pakan pada dosis 30 g/kg pakan berpengaruh nyata terhadap pertambahan bobot mutlak, laju pertumbuhan spesifik, laju pertumbuhan harian, pertumbuhan panjang, rasio konversi pakan dan efisiensi pemanfaatan pakan (p0,05). Uji lanjut Duncan menunjukkan bahwa pertambahan bobot mutlak, laju pertumbuhan spesifik, laju pertumbuhan harian, pertambahan panjang, rasio konversi pakan dan efisiensi pemanfaatan pakan tertinggi dijumpai pada perlakuan D (30 g/kg pakan) yaitu masing-masing 0,20 gram,7,86 %/hari, 0,003 g/hari, 26,6 mm, 0,81 dan 123,84% dan kelangsungan hidup tidak berbeda nyata antar semua perlakuan yaitu berkisar antara 85,00 – 97,00%. Parameter kualitas air pada penelitian ini masih dalam kisaran toleransi normal untuk udang windu (Penaeus monodon). Dengan demikian disimpulkan bahwa dosis optimum tepung anggur laut (Caulerpa lentillifera) didalam pakan udang windu (Penaeus monodon)adalah 30 g/kg pakan. Kata kunci: Udang windu (Penaeus monodon), anggur laut (Caulerpa lentillifera), pakan dan kelangsungan hidup.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENAMBAHAN TEPUNG CANGKANG TELUR PADA PAKAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) (ISRA SAFRIANI, 2018)

PEMANFAATAN TEPUNG ANGGUR LAUT (CAULERPA LENTILLIFERA) DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN BANDENG (CHANOS-CHANOS) (Nadri Solin, 2019)

PENGARUH PENAMBAHAN ANGGUR LAUT (CAULERPA LENTILLIFERA) DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA SALIN(OREOCHROMIS NILOTICUS LINN) (Zulfikar, 2019)

PENGARUH JENIS PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) PADA STADIA ZOEA DAN MYSIS (MARIANA, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN RABAL (RAGI DAN BAKTERI ASAM LAKTAT) BUAHPADA KONSENTRASI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH UDANG WINDU (PENAEUSMONODON) (IRMA SYAHFITRI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy