//

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TANAMAN SELADA HIDROPONIK NUTRIENT FILM TEHNIQUE DI UPTB BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERTANIAN ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMAT NURUL FAJRI - Personal Name
SubjectPRODUCTION
INCOME - FINANCIAL ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

RINGKASAN RAHMAT NURUL FAJRI. 1405002010038. ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TANAMAN SELADA HIDROPONIK NUTRIEN FILM TEHNIQUE DI UPTB BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERTANIAN ACEH Selada merupakan tanaman yang dibudidayakan dengan bercocok tanam secara hidroponik dan non-hidroponik. Menanam selada secara non-hidroponik merupakan bercocok tanam yang sudah umum dilakukan pada pembudidayaan selada. Sedangkan hidroponik merupakan metoda bercocok tanam yang sudah lebih banyak digemari dan dibudidayakan. Lokasi tugas akhir ini dilaksanakan di UPTB Balai Pendidikan dan Pelatihan Pertanian Saree terletak di Desa Suka Mulia Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Objek tugas akhir adalah usahatani tanaman selada hidroponik Nutrient Film Tehnique. Ruang lingkup tugas akhir meliputi pendapatan usaha, perhitungan R/C Ratio, dan perhitungan BEP. Adapun tujuan dari penelitian analisis pendapatan usahatani tanaman selada hidroponik NFT adalah untuk memperoleh pendapatan yang maksiml, oleh sebab itu pentingnya analisis untuk memperkirakan besarnya pendapatan yang diperoleh dari analisisi pendapatan usahatani tanaman selada hidroponik NFT. Pendapatan adalah penerimaan setelah di kurangi dengan total biaya produksi. Apabila pendapatan melebihi total biaya produksi, maka usaha tersebut memperoleh laba atau untung. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapat melalui tanya jawab secara langsung kepada pembimbimg lapangan dan pelaksana lapangan di UPTB Balai Pendidikan dan Pelatihan Pertanian Aceh Saree, di Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Selawah, Kabupaten Aceh Besar. Data primer diperoleh langsung dari penelitian kelapangan sebagai sumber informasi yang dicari. Pengumpulan data di peroleh selama 60 hari di mulai 4 Januari – 3 Maret 2017.Berdasarkan hasil yang di peroleh dari Analisis pendapatan usahatani tanaman selada hidroponik NFT dengan luas screen 28 meter memerlukan biaya produksi sebesar Rp. 5.478.794,-, pendapatan yang diperoleh adalah sebesar Rp. 12.600.000,-, keuntungan yang diperoleh adalah sebesar Rp. .7.121.206,- selama satu tahun melakukan usaha budidaya dengan luas screen house 28 meter. Hasil analisis kelayakan di peroleh R/C Ratio sebesar 2,3 berarti setiap pengeluaran biaya sebesar Rp. 100 maka akan memeroleh pendapatan sebesar Rp. 280,- dengan demikian usahatani selada hidroponik NFT dapat dijalankan dan menguntungkan. BEP harga jual adalah sebesar Rp. 6,522,-/kg dan BEP volume produksi adalah sebanyak 365 kg.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TANAMAN SAWI HIDROPONIK DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE) DI UPTD BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERTANIAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (HERA MUKHLISA, 2017)

RANCANG BANGUN SISTEM INTERNET OF THINGS UNTUK PENGENDALIAN NUTRISI TANAMAN SELADA HIDROPONIK (M RIZKI JUANDA, 2020)

PROSPEK BUDIDAYA SAYURAN HIDROPONIK DI KOTA BANDA ACEH (FIRDAUSI NUZULA, 2016)

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (LACTUCA SATIVA L.) AKIBAT JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI NUTRISI AB MIX DENGAN HIDROPONIK WICK SYSTEM (Rina Ulviana, 2016)

OPTIMASI POLA TANAM USAHATANI SELADA DAN SAWI DI DAERAH PRODUKSI PADI (STUDI KASUS DESA LAM SEUNONG, KECAMATAN KOTA BARO, KABUPATEN ACEH BESAR) (Khalik Rahmad, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy