//

PRODUKSI SERASAH HUTAN MANGROVE DI KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT, KOTA LANGSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ridha Hafizi - Personal Name
SubjectMANGROVES SWAMPS - BIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hutan mangrove sering disebut hutan bakau adalah komunitas vegetasi pantai tropis dan subtropis, yang di dominasi oleh beberapa jenis pohon mangrove yang mampu tumbuh dan berkembang pada setiap pasang surut pantai berlumpur. Produksi serasah merupakan bagian yang penting dalam mentransfer bahan organik dari vegetasi kedalam tanah. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk menentukan stasiun penelitian yang terdiri dari 3 stasiun yang di dalamnya terdapat 3 plot yang diletakkan litter trap atau penampung serasah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2017 di Perairan Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa Provinsi Aceh.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui produksi serasah pada ekosistem mangrove di perairan Kuala langsa serta mengetahui faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi produksi serasah mangrove di Perairan Kuala Langsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Stasiun 1 mendominasi produksi serasah sebesar 3,65 g/m²/hari dimana komponen yang mendominasi ialah komponen serasah daun sebesar 1,65 g/m²/hari. Stasiun ini terdapat 3 jenis mangrove dengan jumlah produksi serasah untuk Rhizopora apiculata sebanyak 4,44 g/m²/hari, Rhizopora mucronata sebanyak 2,63 g/m²/hari dan Rhizopora stylosa sebanyak 1,95 g/m²/hari. Kata kunci: Kuala Langsa, Mangrove, Produksi Serasah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EKOSISTEM HUTAN MANGROVE DI KAWASAN KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA. (Laksmi Puja Sukma, 2018)

KAJIAN PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) JALAN DI KOTA LANGSA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (PURNAWATI, 2016)

STUDI EKOLOGI GASTROPODA DI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE KUALA LANGSA KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA STUDI EKOLOGI GASTROPODA DI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE KUALA LANGSA KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA STUDI EKOLOGI GASTROPODA DI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE KUALA LANGSA KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA (Cut Rushayu Putri, 2021)

PERKEMBANGAN KOTA LANGSA, SUATU TINJAUAN DALAM ASPEK EKONOMI (1945-2013) (Maya Zahara, 2018)

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA POKOK BAHASAN PRESTASI DIRI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 1 LANGSA KOTA LANGSA (FAUZIA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy