//

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DI SMP NEGERI 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RITA JULITA - Personal Name
SubjectSCHOOL MANAGEMENT
CREATIVITY - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran example non example Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya Menggunakan Model Example Non Example di SMP Negeri 12 Banda Aceh” mengangkat masalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran materi ragam hias pada benda keras dengan model pembelajaran example non example di kelas VIII SMP Negeri 12 Banda Aceh dan bagaimana perbandingan hasil belajar materi ragam hias pada benda keras sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran example non example di kelas VIII SMP Negeri 12 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran materi ragam hias pada benda keras dengan model pembelajaran example non example di kelas VIII SMP Negeri 12 Banda Aceh dan mendeskripsikan perbandingan hasil belajar materi ragam hias pada benda keras sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran example non example di kelas VIII SMP Negeri 12 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes (tulis) dan dokumentasi. Hasil belajar siswa menunjukan adanya perubahan yang signifikan sesudah menggunakan model pembelajaran example non example terbukti 83,33% sudah mencapai KKM. Hasil pelaksanaan pembelajaran materi ragam hias pada benda keras menggunakan model pembelajaran example non example terlihat siswa lebih bersemangat, aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran example non example. Sedangkan hasil belajar siswa menunjukan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran example non example yaitu, dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model diperoleh x ̅ = 71,5 dengan standar deviasi s = 9,86 yang nilai rata-ratanya masih di bawah KKM. Sedangkan sesudah menggunakan model pembelajaran example non example diperoleh x ̅ = 89 dengan standar deviasi s = 10,27. Jika dilihat dari nilai rata-rata tersebut, maka nilai sudah berada di atas KKM yaitu ≥80.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS X SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH (hasnidar, 2016)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 PEUREULAK, KABUPATEN ACEH TIMUR (Masriana, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA BOARDING DAN NONBOARDING DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Habibullah, 2017)

PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA KELAS INTI DAN KELAS REGULAR TINGKAT IX DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Siti Hardiyanti, 2015)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH (PUTRI MAURINA SARI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy