//

ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN NAGAN RAYA PADA SEKTOR PERTAMBANGAN GALIAN C

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fiqi Rahmatillah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Fiqi Rahmatillah 2017 ABSTRAK ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAHAN DAERAH KABUPATEN NAGAN RAYA PADA SEKTOR PERTAMBANGAN GALIAN C Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Maimun, S.Pd., M.A) (x.71).pp.bibl.app. Berlakunya otonomi khusus memberikan kewenangan Pemerintah Daerah dalam mengelola sumber daya alamnya khusunya pertambangan galian C. Pengelolaan bahan tambang galian C dikabupaten Nagan Raya Selain memberi dampak positif bagi perekonomian daerah dan pemasukan PAD. Namun kegiatan tersebut juga member dampak buruk bagi lingkungan hidup. Dibutuhkan kebijakan dan ketegasan dari Pemerintah Daerah dalam hal regulasi untuk mengatasi dampak negatif tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan Pemerintah kabupaten Nagan Raya pada sektor pertambangan galian C dan mengetahui bagaimana manfaat pertambangan galian C bagi daerah kabupaten Nagan Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pemerintah daerah kabupaten nagan Raya pada sektor pertambangan galian C secara teknis sudah mencapai target yang diharapkan. Dengan adanya aturan yang jelas bagi Perusahaan-perusahaan tambang dan masyarakat yang terlaksana dengan baik. Namun disegi pengawasan dirasa masih kurang maksimal. Banyaknya temuan kegiatan pertambangan yang dilakukan tanpa izin atau ilegal. Juga kurangnya perhatian dalam hal pengendalian lingkungan akibat kegiatan pertambangan. Mengenai manfaat yang diterima dari pertambangan galian C bagi daerah kabupaten Nagan Raya adalah ketersediaan potensi galian C menjadi salah satu pemasukan bagi pendapatan daerah. Membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang berada disekitar lokasi tambang. Kesimpulan penelitian ini adalah pemanfaatan sumber daya alam serta kinerja birokrasi yang baik memberikan dampak positif bagi daerah, baik dari segi pemasukan daerah, lingkungan hidup dan sosial masyarakat. Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan Pemerintah, pertambangan Galian C

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (T Syarifuddin, 2018)

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN IMPLEMENTASI PEMBUDAYAAN OLAHRAGA KABUPATEN NAGAN RAYA (Rahmatsyah Yoga, 2021)

KONFLIK DAN RESISTENSI MASYARAKAT TERHADAP PERTAMBANGAN GALIAN C DI KABUPATEN NAGAN RAYA (STUDI KASUS DESA SUAK PALEMBANG KECAMATAN DARUL MAKMUR) (DENI SETIAWAN, 2019)

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BESAR DALAM EKSPLOITASI PERTAMBANGAN DI KECAMATAN INDRAPURI (Zulfitra, 2017)

KONTRJBUSI SUB SEKTOR PERKEBUNAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI SEKTOR PERTANIAN DI KABUPATEN NAGAN RAYA PROVINSI ACEH (M.ISMAIL, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy