PENGARUH PEMBERIAN PAKAN FERMENTASI BERBASIS AZOLLA SP SEBAGAI SUBSTITUSI SEBAGIAN RANSUM KOMERSIL TERHADAP BERAT AKHIR DAN PENAMPILAN KARKAS AYAM LOKAL PEDAGING UNGGUL (ALPU) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN FERMENTASI BERBASIS AZOLLA SP SEBAGAI SUBSTITUSI SEBAGIAN RANSUM KOMERSIL TERHADAP BERAT AKHIR DAN PENAMPILAN KARKAS AYAM LOKAL PEDAGING UNGGUL (ALPU)


Pengarang

SHAELLA RAHMA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1305104010045

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Peternakan (S1) / PDDIKTI : 54231

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

636.085 57

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tanaman Azolla sp atau paku air merupakan tanaman yang biasa hidup di atas permukaan air, dapat ditemukan pada semua persawahan di Indonesia dan termasuk salah satu bahan pakan nonkonvensional yang bisa digunakan sebagai bahan pakan alternatif pada ternak unggas, termasuk ayam lokal pedaging unggul (ALPU). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh substitusi sebagian ransum komersil dengan bahan pakan fermentasi mengandung Azolla sp terhadap berat akhir dan persentase karkas ALPU.Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Lapangan Peternakan Program studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh. Penelitian berlangsung selama 70 hari, dimulai dari 14 Februari 2017 sampai 23 April 2017.
Ransum perlakuan yang digunakan adalah : P0: ransum komersil N511 100 %, P1: ransum komersil N511 + 5 % pakan fermentasi berbasis Azolla sp, P2: ransum komersil N511 + 10 % pakan fermentasi berbasis Azolla sp, dan P3: ransum komersil N511 + 15 % pakan fermentasi berbasis Azolla sp. Selama umur 0-3 minggu (starter), ayam dari semua perlakuan diberikan ransum komersil N511. Umur 3-10 minggu (grower-finisher), ayam diberikan ransum perlakuan berupa ransum komersil N511 yang disubstitusikan pakan fermentasi berbasis Azolla sp, kecuali perlakuan kontrol. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 4 perlakuan, 4 kelompok. Setiap kelompok merupakan unit percobaan, masing-masing terdiri dari 20 ekor ayam. Parameter yang diamati meliputi berat akhir, berat dan persentase karkas, berat dan persentase potongan karkas. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis of Variance (Anova). Jika diperoleh hasil yang berbeda nyata, dilanjutkan dengan uji Duncan.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa subsitusi sebagian ransum komersil dengan bahan pakan fermentasi berbasis Azolla sp tidak berpengaruh nyata terhadap berat dan persentase karkas, berat potongan karkas dan persentase potongan karkas ALPU umur 10 minggu. Meskipun tidak berbeda nyata, berat karkas ALPU yang diberikan ransum komersil dengan substitusi 5 %, 10 %, 15 % pakan fermentasi Azolla sp (P1 sampai P3) lebih tinggi daripada tanpa pakan fermentasi berbasis Azolla sp (P0). ALPU yang diberikan pakan fermentasi berbasis Azolla sp (P1sampai P3) memiliki bobot dan persentase dada, sayap, paha dan punggung lebih tinggi dibandingkan dengan ALPU yang diberikan 100% ransum komersil (P0). Hasil analisis statistik terhadap kelompok ALPU umur 10 minggu berpengaruh nyata (P

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK