//

PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Julia Noviani - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : prestasi belajar, ujian nasional, hierarkis, korelasi Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai oleh siswa melalui kegiatan belajar, yang dapat dilakukan secara individu dan secara kelompok. Prestasi belajar yang diraih oleh siswa pada waktu tertentu sering berhubungan dengan prestasi belajar sebelumnya, termasuk dalam pelajaran Matematika yang bersifat hierarkis. Oleh karena itu,peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang prestasi belajar matematika yang diraih siswa dan hubungannya dengan nilai akhir ujian nasional sebelumnya pada bidang matematika. Penelitian ini berjudul “Prestasi Belajar Matematika Kelas X SMA Negeri Modal Bangsa Tahun Pelajaran 2012/2013 dan Hubungannya dengan Nilai Ujian Nasional Matematika SMP”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Modal Bangsa dan mendeskripsikan hubungan antara prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Modal Bangsa dengan nilai ujian nasional matematika SMP. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Modal Bangsa yang terdiri dari 128 siswa. Ukuran sampel yang digunakan adalah 64 siswa dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, yaitu pengumpulan nilai prestasi belajar matematika kelas X SMA dan nilai ujian nasional matematika SMP siswa kelas X SMA Modal Bangsa. Berdasarkan data, siswa yang tidak mencapai ketuntasan sebanyak 14 siswa dengan persentase 21,875% dan siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 50 siswa dengan persentase 78,125%. Pengolahan data ketuntasan prestasi belajar matematika kelas X SMA menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh zhitung = 3,28 dan ztabel = 1,64 pada taraf signifikan (α) = 0,05 dan zhitung >ztabel.Pengolahan data untuk mendeskripsikan hubungan antara prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Modal Bangsa dengan nilai ujian nasional matematika SMP menggunakan uji Rank Spearman, diperoleh koefisien korelasi r = 0,262 dengan taraf signifikan (α) = 0,05 danuntuk mencari hubungan yang signifikan, diperoleh thitung = 2,13 dan ttabel = 2,00, sehingga thitung >ttabel. Berdasarkananalisis data tersebutdapatdisimpulkanbahwa prestasi belajar matematika kelas X SMA Negeri Modal Bangsa pada semester I sudah tuntas dan ada hubungan antara prestasi belajar matematika kelas X SMA Negeri Modal Bangsa dengan nilai ujian nasional matematika SMP meskipun berkorelasi lemah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 INGIN JAYA RNACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (JULIMAN, 2015)

PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTSS LAM UJONG ACEH BESAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN NILAI RNUJIAN NASIONAL (UN) SD/MI TAHUN AJARAN 2012/2013 (Yusi Gusmawan, 2014)

HUBUNGAN UJIAN SEKOLAH DAN TRY OUT TERHADAP PENCAPAIAN NILAI UJIAN NASIONAL PELAJARAN MATEMATIKA DI SMAN 7 BANDA ACEH TAHUN 2018/2019 (Zulfahmi, 2019)

ANALISIS TES MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Suri Khairah, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNSYIAH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Desy, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy