PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP


Pengarang

Julia Noviani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103020051

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci : prestasi belajar, ujian nasional, hierarkis, korelasi
Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai oleh siswa melalui kegiatan belajar, yang dapat dilakukan secara individu dan secara kelompok. Prestasi belajar yang diraih oleh siswa pada waktu tertentu sering berhubungan dengan prestasi belajar sebelumnya, termasuk dalam pelajaran Matematika yang bersifat hierarkis. Oleh karena itu,peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang prestasi belajar matematika yang diraih siswa dan hubungannya dengan nilai akhir ujian nasional sebelumnya pada bidang matematika. Penelitian ini berjudul “Prestasi Belajar Matematika Kelas X SMA Negeri Modal Bangsa Tahun Pelajaran 2012/2013 dan Hubungannya dengan Nilai Ujian Nasional Matematika SMP”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Modal Bangsa dan mendeskripsikan hubungan antara prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Modal Bangsa dengan nilai ujian nasional matematika SMP. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Modal Bangsa yang terdiri dari 128 siswa. Ukuran sampel yang digunakan adalah 64 siswa dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, yaitu pengumpulan nilai prestasi belajar matematika kelas X SMA dan nilai ujian nasional matematika SMP siswa kelas X SMA Modal Bangsa. Berdasarkan data, siswa yang tidak mencapai ketuntasan sebanyak 14 siswa dengan persentase 21,875% dan siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 50 siswa dengan persentase 78,125%. Pengolahan data ketuntasan prestasi belajar matematika kelas X SMA menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh zhitung = 3,28 dan ztabel = 1,64 pada taraf signifikan (?) = 0,05 dan zhitung >ztabel.Pengolahan data untuk mendeskripsikan hubungan antara prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Modal Bangsa dengan nilai ujian nasional matematika SMP menggunakan uji Rank Spearman, diperoleh koefisien korelasi r = 0,262 dengan taraf signifikan (?) = 0,05 danuntuk mencari hubungan yang signifikan, diperoleh thitung = 2,13 dan ttabel = 2,00, sehingga thitung >ttabel. Berdasarkananalisis data tersebutdapatdisimpulkanbahwa prestasi belajar matematika kelas X SMA Negeri Modal Bangsa pada semester I sudah tuntas dan ada hubungan antara prestasi belajar matematika kelas X SMA Negeri Modal Bangsa dengan nilai ujian nasional matematika SMP meskipun berkorelasi lemah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK