//

ANALISIS TINGKAT BERPIKIR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novia Alieska Perdana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembelajaran matematika merupakan pengetahuan universal yang mempunyai peran penting dalam disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia. Materi perbandingan adalah materi matematika yang diajarkan di SMP kelas VII dan banyak memiliki kontribusi dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi, terungkap bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan soal-soal perbandingan. Penelitian ini berupaya mengungkap lebih jauh tentang masalah tersebut dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tingkat berpikir siswa, kesulitan yang dialami siswa pada setiap tingkat berpikir dan penyebab terjadinya kesulitan siswa pada materi perbandingan di kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Banda Aceh sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Tes dilakukan untuk melihat tingkat berpikir siswa dengan berpedoman pada Taksonomi Bloom dan kesulitan siswa. Wawancara dilakukan pada 6 siswa dan guru mata pelajaran matematika untuk menelusuri lebih lanjut tentang kesulitan yang dihadapi siswa dan penyebab terjadinya kesulitan tersebut. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa tingkat berpikir siswa dengan berpedoman pada Taksonomi Bloom pada materi perbandingan masih pada berpikir tingkat rendah. Kesulitan yang dialami siswa pada setiap tingkat berpikir terhadap materi perbandingan adalah 8% siswa mengalami kesulitan prinsip pada C1, 62% siswa mengalami kesulitan verbal pada C2, 54% siswa mengalami kesulitan prinsip pada C3, 65% siswa mengalami kesulitan prinsip pada C4, 42% siswa mengalami kesulitan verbal pada C5 dan 23% siswa mengalami kesulitan verbal pada C6. Penyebab kesulitan yang dialami siswa antara lain: ketidakmampuan siswa dalam mengoperasikan perkalian bilangan pecahan, pemahaman konsep perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai yang masih rendah, kurangnya keseriusan dalam mempelajari materi perbandingan, kurangnya komunikasi antara guru dengan siswa di kelas, ketidakmampuan menerjemahkan soal cerita, jarak waktu pemberian tes dengan materi cukup jauh dan kurangnya minat atau kemauan dalam mempelajari materi perbandingan. Kata kunci: tingkat berpikir, kesulitan siswa, perbandingan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERBANDINGANRNSISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Nur Irsyadiyati, 2015)

TINGKAT BERPIKIR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Intan Sari, 2014)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA DI KELAS V SDN 1 JEUMPET ACEH BESAR (NOVA YUSRIANA, 2014)

TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDACEH (Siti Sara, 2018)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy