//

PEMENUHAN HAK KESEHATAN NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS III LANGSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazaryadi - Personal Name
SubjectINMATES (PRISONERS) - LEGAL STATUS
PENAL INSTITUTIONS
PERSONEL HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pasal 14 Undang-Undang Nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan menetapkan tentang hak-hak narapidana antara lain; hak mendapatkan perawatan, baik perawatan rohani maupun jasmani, hak mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak. Dalam kenyataan masih banyak hak-hak narapidana yang belum terpenuhi menyangkut pelayanan kesehatan yaitu pemenuhan hak kesehatan narapidana, antara lain : ruang hunian yang tidak memenuhi standar kesehatan, yaitu dalam ruangan yang luas 3x5 m dihuni 9 orang narapidana, di dalam kamar hanya terdapat 1 kamar mandi dan WC dan ventilasi udara yang kecil. Begitu juga ketika ada narapidana yang harus diobati namun tidak ada tenaga medis siap melayani di Lapas Narkotika. Masalah Penelitian ini adalah Pertama, bagaimana pemenuhan hak kesehatan bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas III Langsa?. Kedua, bagaimana pelaksanaan pemenuhan kalori bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas III Langsa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pemenuhan dan perlindungan hak kesehatan bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas III Langsa dan Untuk mengetahui dan menjelaskan pemenuhan kalori bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas III Langsa dalam kaitannya pemenuhan Hak Asasi Kesehatan Narapidana. Sifat penelitian ini adalah yuridis Empiris, dengan pendekatan studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas III Langsa. Data terdiri dari data sekunder dan data primer. Data sekunder berupa Undang-undang Pemasyarakatan, Undang-undang Kesehatan, Peraturan Pemerintah tentang pemenuhan Hak Narapidana dan Tahanan, sementara data Primer diperoleh dengan pengamatan dan wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara kepada responden dan informan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pertama pemenuhan hak kesehatan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas III Langsa, belum sesuai dengan Peraturan perundang-undangan yang berlaku, belum sesuai standar minimal pelayanan kesehatan bagi narapidana. Kedua, pelaksanaan pemenuhan kalori dalam makanan narapidana di Lapas tersebut, belum memenuhi standar angka kecukupan gizi. Kesimpulan, pemenuhan hak kesehatan dan pelaksanaan pemenuhan kalori bagi narapidana di Lapas tersebut belum sesuai seperti yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Disarankan Pemenuhan Hak kesehatan dan pemenuhan kalori makanan bagi Narapidana di Lapas tersebut, seharusnya memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah sesuai perundang-undangan yang berlaku. Kata Kunci : Hak Kesehatan, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBINAAN NARAPIDANA NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A SIBOLGA (Sammia Habibi Sitanggang, 2020)

DISTRIBUSI KEHILANGAN PERLEKATAN JARINGANRNPERIODONTAL PADA NARAPIDANA DI CABANGRNRUMAH TAHANAN NEGARA LHOKNGARNACEH BESAR TAHUN 2015 (Syarifah Eriza , 2015)

PELAKSANAAN PEMBINAAN NARAPIDANA NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB BIREUEN (Said Muammar Fithra, 2021)

PEMBINAAN NARAPIDANA DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA GOLONGAN I (SUATU PENELITIAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA BANDA ACEH) (Rizka Masturah, 2021)

PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK PELAYANAN KESEHATAN BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA BANDA ACEH (IKA PUTRI M, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy